Kolaborasi UM dan ACT Malang Tangani Corona

Penanganan Covid-19 memang tak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak, tapi perlu melibatkan banyak elemen masyarakat. Untuk itu, UM berkolaborasi dengan ACT Malang melakukan penanganan dampak corona dengan pendistribusian pangan.

Makanan siap santap dari UM dan ACT untuk petugas medis, relawan serta masyarakat prasejahtera di Malang. (ACTNews)

ACTNews, MALANGUniversitas Negeri Malang mengambil langkah untuk memberikan dukungan terhadap tim medis dan para relawan yang sedang bertugas di garis terdepan dalam pencegahan penyebaran wabah covid-19. Berkolaborasi dengan ACT Malang, UM menghadirkan Operasi Pangan Gratis untuk tim medis, relawan, hingga masyarakat prasejahtera yang secara tak langsung perekonomiannya menurut akibat dampak Covid-19.

Setiap harinya, terhitung mulai tanggal 30 Maret hingga 30 hari ke depan, sekitar 100 kotak makanan siap santap serta 35 paket sembako akan didistribusikan. Targetnya ialah masyarakat prasejahtera di Malang. Pasalnya, masyarakat prasejahtera ini yang terdampak ekonominya akibat wabah. Koordinator Donasi UM Ari Gunawan mengatakan, masyarakat prasejahtera ini juga termasuk pekerja informal. “Seperti pengemudi ojek daring, tukang becak, penjaga parkir, serta pekerja lain akan mendapatkan paket pangan ini,” jelasnya, Senin (30/3).

Dana bantuan ini, tambah Ari, merupakan hasil penggalangan yang dilakukan pihak kampus. Digerakkan oleh Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh UM, Komunitas Social Project, serta Humas UM, dana yang dikumpulkan akan didistribusikan untuk berbagai aksi kemanusiaan bersama ACT.

Penggalangan dilakukan sejak 26-30 Maret dan dana yang terkumpul mencapai Rp76.561.213,00. Selain tenaga medis, relawan dan masyarakat prasejahtera, UM dan ACT juga akan menyalurkan donasi ini untuk mahasiswa yang ekonomi keluarganya turut tedampak serta untuk pengadaan alat pelindung diri bagi tenaga medis.

Penyaluran donasi dari UM ke ACT dilakukan Senin (30/3) itu digelar di depan Gedung Rektorat UM. Wakil Rektor IV Ibrahim Bafadal serta tim satuan tugas Covid-19 UM yang langsung menyerahkan donasi ini.

Sebelumnya, kolaborasi ACT dan UM Malang juga telah terjalin. Berbagai aksi kemanusiaan telah digelar atas kolaborasi ini. Diki Taufik Sidiq, Kepala Cabang ACT Malang, berharap kolaborasi ACT dengan UM akan terus berlangsung demi kebaikan bersama.[]