Komitmen ACT dan Pemprov DKI Selamatkan Bangsa Lewat Vaksinasi Keliling

Sebagai upaya selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19, ACT berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menghadirkan layanan vaksinasi keliling.

vaksin gratis
Kegiatan vaksinasi keliling di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Penambahan jumlah kasus aktif Covid-19 terus terjadi di tanah air, data Kementerian Kesehatan per 15 Agustus 2021 menyebutkan total kasus Covid-19 telah mencapai 3.854.354 orang, sementara tingkat kesembuhan mencapai 3.351.959 orang dan sebanyak 117.588 orang meninggal dunia.

Sebagai upaya pencegahan primer dalam menghadapi virus Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan program vaksinasi keliling. “Vaksinasi itu sangat penting untuk mendorong terbentuknya herd immunity sekaligus menurunkan tingkat kesakitan dan kematian apabila terpapar (virus Covid-19),” ungkap Direktur Covid-19 Medical Careline Services dr. Arini Retno Palupi.

 

Kegiatan vaksinasi keliling ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Sabtu (14/8/2021). Sejak pagi, Tim Humanity Medical Services (HMS)-ACT telah bersiap di halaman Masjid An-Nur untuk melakukan vaksinasi kepada warga Pejaten Timur dan sekitarnya.

 

“Sudah disiapkan dua jenis (vaksin) Sinovac dan AstraZeneca. (Vaksinasi) Ini bukan hanya disediakan untuk usia 18 tahun ke atas saja, tetapi usia 12 tahun ke atas juga diperbolehkan. Alhamdulillah (masyarakat) begitu antusias,” tutur dr. Arini.

Kegiatan vaksinasi keliling ini juga melibatkan berbagai pihak. Yakni Puskesmas Kelurahan Pejaten Timur, Polsek Pasar Minggu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Pasar Minggu, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Pasar Minggu.

“Alhamdulillah, vaksinasi keliling dapat berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Insyaallah ke depannya akan semakin banyak titik vaksinasi keliling ini. Mari buat bangsa Indonesia kembali sehat dan selamat dari pandemi Covid-19,” jelas dr. Arini.[]