Korban Banjir Balangan Terima Bantuan Kemanusiaan

Korban Banjir Balangan Terima Bantuan Kemanusiaan

Korban Banjir Balangan Terima Bantuan Kemanusiaan' photo

ACTNews, BALANGAN - Kedatangan relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Balangan-Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur disambut sumringah oleh warga di tiga desa di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Rabu (3/4). Pasalnya, kala itu para relawan membawa paket logistik untuk mereka.

“Terima kasih banyak ACT, MRI, dan para donatur,” kata H. Bahrudin mewakili warga Desa Mihu, Kecamatan Juai, kepada relawan MRI Balangan.

Selain Desa Mihu, para relawan juga menyambangi Desa Lalayau dan Desa Bata. Relawan yang terlibat tak hanya dari MRI Balangan, tetapi ada juga dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Tagana. Mereka bergotong-royong mendistribusikan bantuan.

"Alhamdulillah proses distribusi berjalan lancar, meski kondisi masih sering hujan. Insya Allah, masih ada beberapa desa lagi yang akan kami sambangi," ujar Nurul Yaqin selaku Ketua MRI Balangan.

Akhir Maret lalu, tepatnya Sabtu (30/3), banjir menerjang Kabupaten Balangan, menyebabkan pemukiman dan sawah warga terendam. Akibat peristiwa itu, dikabarkan ada dua kecamatan yang terdampak paling parah yakni Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong.

Menurut pantauan relawan MRI Balangan, debit air hingga Kamis (4/4) masih naik-turun. Bahkan pada Selasa (2/4) debit air naik lagi akibat curah hujan cukup tinggi, membuat beberapa pelajar di Desa Uyam terpaksa menyeberangi genangan air setinggi paha orang dewasa demi mengikuti Ujian Nasional di Desa Tujuh.

Menyikapi banjir yang terjadi hampir setiap tahun, Badriansyah, warga Desa Lalayau, berharap banjir segera reda dan ke depannya tidak terjadi lagi. "Bencana alam memang bukan kuasa manusia, tapi kami berharap ke depan tidak terjadi kembali," kata Badriansyah.

ACT Kalsel turut prihatin dengan musibah yang melanda warga Balangan, seperti disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin.

"Musibah itu bisa kita maknai dalam dua sisi kebaikan. Pertama, menjadi ujian kenaikan kelas bagi korban agar derajatnya ditinggikan. Kedua, menjadi peluang amal kebaikan bagi yang mau peduli. Semoga masing-masing kita bisa menjadi manusia terbaik di dunia dan akhirat," ujar Zainal.

Saat ini Posko Kemanusiaan ACT MRI untuk banjir Balangan telah hadir di Desa Lampihong Selatan, Kota Paringin, Kabupaten Balangan. “Bagi warga Kalimantan Selatan yang ingin memberikan bantuan bisa menghubungi ACT Kalsel atau MRI Balangan,” tambah Zainal. []

Bagikan