Korban Banjir di Alas Sumbawa Butuh Bantuan Air Bersih

Pascabanjir bandang warga enam desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, masih membutuhkan bantuan air bersih. Saluran pipa PDAM rusak sehingga akses air bersih terganggu.

banjir bandang sumbawa
Warga antusias mengambil air bersih dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, SUMBAWA – Tiga hari pascabanjir bandang, air bersih di enam desa terdampak banjir Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, masih sangat sulit. Saluran pipa PDAM yang rusak terbawa air bah membuat pasokan air ke wilayah terdampak belum pulih. 

Amirudin dari tim ACT NTB mengatakan, aktivitas warga belum sepenuhnya normal. Kerusakan saluran pipa PDAM membuat aktivitas warga masih terganggu. “Warga mengandalkan pasokan air bersih dari truk tangki. Namun terbatas, tidak semua warga kebagian (air),” ujar Amir, Jumat (18/2/2022). 

Untuk meredam hal tersebut, ACT NTB mendistribusikan air bersih. Sebanyak 6.000 liter bantuan air bersih diberikan kepada warga di Dusun Beru, Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, pada Kamis (17/2/2022).

“Kehadiran truk pengangkut air bersih sangat dinanti-nanti oleh warga.  Mereka sangat antusias dan antre mendapatkan air,” jelasnya. 

Menurut Amir, saat ini warga yang rumahnya rusak berat dan hanyut masih mengungsi ke rumah tetangga atau saudara terdekat. Sementara jembatan yang hanyut belum diperbaiki. Meski begitu masih ada akses yang bisa dilewati sehingga lokasi terdampak tidak terisolir.[]