Korban Banjir Garut Butuh Air Bersih

Sejak terjadinya banjir bandang, para pengungsi tidak bisa mengakses air bersih. Untuk saat ini mereka hanya memanfaatkan air keruh yang tersedia di sekitar lokasi.

banjir garut
Banjir bandang menerjang Kecamatan Karangtengah dan Kecamatan Sukawening di Kabupaten Garut. (ACTNews)

ACTNews, GARUT -- Banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Karangtengah dan Kecamatan Sukawening, Garut. Tim program ACT Kabupaten Garut Rizky Nugraha mengatakan saat ini para pengungsi sangat membutuhkan bantuan air bersih.

“Meski banjir sudah mulai surut namun sisa-sisa puing material masih belum dapat dibersihkan. Sejak terjadinya banjir bandang, mereka tidak bisa mengakses air bersih. Untuk saat ini mereka hanya memanfaatkan air keruh yang tersedia di sekitar lokasi,” ujarnya saat dihubungi, Senin (29/11/2021).

Rizky melanjutkan, para pengungsi juga membutuhkan bantuan pakaian, alas tidur, selimut dan makanan siap saji.

Tidak adanya korban jiwa dalam musibah ini, namun ratusan kepala keluarga terdampak. Mereka harus mengungsi ke tempat aman, sebagian mengungsi di rumah saudara, sebagian lagi memilih untuk mengungsi di fasilitas umum seperti gedung olahraga.

Rizky pun  mengajak Sahabat Dermawan untuk mengulurkan tangan dan mengirimkan bantuan terbaik untuk saudara-saudara yang tengah berduka di wilayah Garut. “Mari siapkan bantuan terbaik bantu sesama. Harapkan ridho Allah Ta'ala dengan sedekah terbaikmu,” ujarnya.[]