Korban Kebakaran Rohingya Terima Bantuan Pangan Sahabat Dermawan

Aksi Cepat Tanggap mengirimkan bantuan kepada warga yang terdampak. Sebanyak 200 paket pangan diberikan kepada korban di kamp 8,9, dan 10.

Paket pangan untuk warga Rohingya di Balukhali, Cox's Bazar. (ACTNews)

ACTNews, COX’S BAZAR — Aksi Cepat Tanggap menyampaikan amanah dermawan kepada pengungsi Rohingya korban kebakaran di Balukhali, Cox’s Bazar. Sebanyak 200 paket pangan diberikan kepada korban di kamp 8,9, dan 10 pada 6-7 April lalu. Dibantu delapan orang relawan, paket ini sampai di tangan para pengungsi.

Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan, bantuan ini menjadi tahap awal. “Insyaallah, secara berkala, sebagaimana program ACT selama ini, dukungan untuk pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar juga terus dilakukan melalui bantuan pangan dan air bersih,” kata Firdaus.

Ia melanjutkan, kondisi warga Rohingya di Myanmar sangat memprihatinkan. Mereka tidak memiliki pekerjaan untuk digeluti dan rumah untuk ditempati. Untuk itu bantuan para dermawan sangat dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka setiap hari. 

“Warga Rohingnya saat ini sangat membutuhkan bantuan kita. Tragedi kebakaran di akhir bulan lalu, semakin menambah beban mereka sebagai pengungsi di negara orang. Mereka banyak mengharap bantuan agar bisa keluar dari kemelut kemanusiaan ini,” ujar Firdaus.

Kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di pengungsian warga Rohingya di Balukhali, Cox's Bazar. Bencana tersebut menyebabkan 15 orang meninggal dunia dan 80.000 jiwa terdampak. Kebakaran yang menimpa tempat tinggal pengungsi Rohingya di Bangladesh pun sudah terjadi berulang kali.[]