Korban Longsor di Ponorogo Masih Butuh Bantuan Mendesak

Mereka sudah tidak memiliki barang yang bisa dimanfaatkan, hanya tersisa baju yang mereka kenakan.

longsor ponorogo
Longsor menerjang Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (ACTNews)

ACTNews, PONOROGO -- Hujan deras jadi penyebab longsor di RT 03 RW 04 Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Jumat (19/11/2021) lalu. Longsor mengakibatkan 10 KK atau sekitar 31 jiwa mengungsi. Satu diantaranya ibu hamil dengan usia kandungan tiga bulan, dua lansia penderita stroke serta balita usia tiga tahun.

Merespons hal tersebut, Tim ACT Ponorogo, bergegas menuju lokasi melakukan asesmen sekaligus memberikan pertolongan pertama. Sejumlah bantuan berupa makanan siap saji dan sembako disalurkan pada hari itu.

“Namun untuk saat ini, korban longsor belum dapat tempat yang layak, mereka kebanyakan masih mengungsi di rumah tetangga,” kata Mohamad Abda Ramadhan selaku Tim ACT Ponorogo saat dihubungi, Senin (22/11/2021).

Ia melanjutkan, para korban kini sangat membutuhkan bantuan. Selain makanan, mereka juga memerlukan alas tidur, selimut dan kebutuhan mendesak lainnya.

Mereka sudah tidak memiliki barang yang bisa dimanfaatkan, hanya tersisa baju yang mereka kenakan. “Mereka juga membutuhkan bantuan layaknya obat-obatan, pakaian, dan perlengkapan bayi. Kami terus berikhtiar, namun semua ini tak akan terwujud tanpa bantuan Sahabat Dermawan. Mari kita bantu saudara kita,” kata Abda.

Longsor mengakibatkan jalan penghubung antar Desa Tugurejo di Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo dan Desa Gemaharjo di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, terputus. Sejumlah lahan pertanian juga rusak tertimbun tanah.[]