Kota Padang Dinobatkan sebagai Kota Dermawan

Aksi Cepat Tanggap (ACT) menobatkan Kota Padang menjadi Kota Dermawan pada Selasa (22/12). Hal ini dikarenakan di tahun 2020 ini, masyarakat Kota Padang mengamanahkan donasinya lebih dari Rp1 miliar untuk kemanusiaan lewat ACT.

Penyerahan penghargaan Padang Kota Dermawan dari ACT kepada Pemerintahan Kota Padang. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Menjelang akhir tahun 2020, Masyarakat Kota Padang mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai Kota Dermawan. Hal ini dikarenakan di tahun 2020 ini lebih dari Rp 1 miliar, masyarakat Kota Padang mengamanahkan donasinya untuk Palestina, Rohingya dan Lebanon melalui ACT Sumatra Barat.

“Kita tidak memperkirakan, ya, tidak menyangka kita dinobatkan menjadi daerah yang dermawan. Karena memang selama ini kedermawanan ini kita lakukan yang pertama karena ini adalah perintah agama untuk membantu dan peduli. Kemudian yang kedua itu kita lakukan untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan di dalam berbangsa dan bernegara kita,” jelas Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di sela acara peluncuran awal marketplace Pasar Sedekah pada Selasa (22/12) kemarin.

Salah satu yang paling diingat adalah ketika masyarakat dermawan di Kota Padang memberikan ambulans untuk aksi-aksi kemanusiaan di Palestina. Pada hari itu kembali mereka menyerahkan biaya operasional untuk ambulans kepada ACT sebesar Rp300 juta, yang diwakilkan oleh Mahyeldi. Selain itu, aksi-aksi ke depannya juga sedang mereka rancang.


“Insyaallah kita pun juga sudah berkoordinasi dengan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Sumatra Barat, kita juga siap untuk memberikan beasiswa kepada warga masyarakat negara-negara yang konflik. Maka kita bisa memberikan beasiswa kepada mereka. Seperti Palestina, ataupun juga Uighur, Rohingya, ataupun juga anak-anak lainnya,” ungkap Mahyeldi.

Kepala Cabang ACT Sumatra Barat, Zeng Wellf mengatakan apresiasi ini diberikan karena intensnya masyarakat Kota Padang peduli terhadap saudara-saudaranya yang berada di negara konflik dan membutuhkan. “Ini menjadi salah satu bukti kedermawanan masyarakat Kota Padang ini perlu kita apresiasi dan kita canangkan menjadi ‘Padang Kota Dermawan’. Donasi ini kami kumpulkan ketika perayaan Idulfitri dan Iduladha. Selama ini sudah kita kembangkan tidak hanya untuk Palestina, namun juga solidaritas di tempat lainnya yang menjadi korban tragedi kemanusiaan,” ujar Zeng.

Zeng juga turut berterima kasih kepada masyarakat Sumatra Barat khususnya Kota Padang. Ia berharap dengan adanya acara ini dapat menjadi inspirasi bagi wilayah lainnya. “Semoga kedermawanan masyarakat Kota Padang ini menjadi contoh dan inspirasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia. Harapannya tidak Kota Padang saja nantinya namun Sumatra Barat yang diikuti oleh kota-kota lainnya di Sumatra Barat maupun di Indonesia,” harap Zeng. []