Krisis Air Bersih, Penyebaran Penyakit Rentan di Kamp Al Bureij Gaza

Penduduk Kamp Al Bureij terpaksa menggunakan air kotor. Dari kondisi inilah, penularan penyakit menjadi amat tinggi. Penduduk Kamp Al Burej rentan terkena penyakit kulit yang mudah menular dan diare.

sumur wakaf palestina
Air yang mengalir deras dari Sumur Wakaf di Kamp Al Bureij, Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Al Bureij merupakan salah satu kamp pengungsian yang terletak di Kegubernuran Deir al-Balah, di tengah jalur Gaza. Kamp seluas 50 hektar area tersebut, dihuni lebih dari 34 ribu jiwa–yang 80 persennya pengungsi internal. Kesulitan air bersih, sudah menjadi masalah menahun yang diderita para pengungsi di sana.

Selain karena fasilitas minim, sekalipun ada, akses air di Kamp Al Bureij sering mendapatkan pemadaman akses. Para pengungsi pun tidak mendapatkan air sama sekali, baik untuk minum maupun bersuci.

Penduduk Kamp Al Bureij akhirnya terpaksa menggunakan air kotor. Dari kondisi inilah, penularan penyakit menjadi amat tinggi. Penduduk Kamp Al Burej rentan terkena penyakit kulit yang mudah menular dan diare.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan, berbagai ikhtiar terus dilakukan ACT dan Sahabat Dermawan untuk membantu penduduk Kamp Al Burej. Baru-baru ini, ACT melalui Global Wakaf membangun Sumur Wakaf untuk membuka sumber air baru.

"Pengeboran sumur menggunakan pipa besi 12 inci pada kedalaman 76 meter dan kolom air 17 meter. Kami juga memanfaatkan pipa bertekanan 10 bar dan memasang pompa submersible dengan efisiensi hingga 40 ribu liter air per jamnya. Sumur ini juga dilengkapi dengan koneksi yang diperlukan untuk terhubung ke saluran air milik warga," jelas Said, Rabu (1/12/2021).

Ia berharap, kehadiran Sumur Wakaf di Kamp Al Bureij pada November ini mampu meredam penyebaran penyakit. 

Said juga menjelaskan, lokasi sumur juga tidak jauh dari lahan pertanian wargq sehingga mereka yang bertani dapat memanfaatkan air dari Sumur Wakaf untuk mengairi lahan.

"Kami juga mendukung agar sektor pertanian di Kamp Al Bureij maju. jika sektor pertanian maju, maka akan memberi dampak positif yang luas ke seluruh Gaza. Selain memajukan perekonomian para petani dan pekerja lainnya yang terintegrasi dalam industri pertanian, hasil panen dari para petani juga mampu memasok kebutuhan pangan di pasar Gaza," pungkas Said.[]