Kuatkan Syiar Islam lewat Mushaf Alquran di Kepulauan Riau

Setelah sukses menyerahkan ribuan Alquran di Sumatra Barat beberapa waktu lalu, kali ini, ACT kembali mengirimkan bantuan Alquran di wilayah Kepulauan Riau. Tujuannya tak semata memberikan Alquran, akan tetapi menguatkan syiar Islam lewat dai yang telah tersebar di berbagai titik.

Santri di Tanjungpinang yang menerima mushaf Aquran dari ACT. Pendistribusian ini merupakan ikhtiar menguatkan syiar Islam di Kepulauan Riau. (ACTNews)

ACTNews, TANJUNGPINANG – Menjelang akhir tahun, tepatnya Ahad (20/12), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mendistribusikan mushaf Alquran untuk masyarakat di beberapa lokasi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Aksi ini merupakan bagian dari Gerakan 10 Ribu Alquran untuk Kepulauan Riau yang ACT gaungkan. Diharapkan, lewat hadirnya mushaf Al-Qur’an dan dai yang membina agama di masing-masing wilayah bisa menguatkan syiar Islam di tengah masyarakat.

Pendistribusian bantuan yang dilakukan pada Ahad kemarin merupakan aksi pertama yang dilakukan di Rumah Tahfiz Baitin Jannati, Komunitas Pecinta Al-Qur’an serta TPQ Baitul Mukminin Tanjungpinang. Mushaf Alquran sendiri hadir buah dari kedermawanan masyarakat. “Di aksi pertama kali ini, ada 200 mushaf tersalurkan dari target 10 ribu mushaf. Kami distribusikan ke wilayah-wilayah yang sudah memiliki dai pembina yang bisa mengajarkan Alquran,” jelas Nofran Reko dari tim Program ACT Kepulauan Riau.

Wilayah Kepulauan Riau sendiri terdiri atas kabupaten/kota yang terpisah dari daratan Sumatra. Beberapa di antara pulaunya menjadi pulau terluar, sebut saja pulau-pulau yang ada di Kabupaten Anambas dan Natuna. Untuk itu, perlu dukungan yang kuat agar syiar Islam tetap menggaung di pulau-pulau terpencil dan terluar tersebut.

Saat ini, kebutuhan mushaf masih jauh dari target sebanyak 10 ribu. Nofran mengatakan, perlu dukungan masyarakat yang lebih banyak dan luas untuk menyukseskan program ini. “Sedekah terbaik dari masyarakat bisa menjadi bagian ikhtiar kita bersama menguatkan Islam lewat mushaf Al-Qur’an yang diajarkan oleh dai-dai di berbagai wilayah di Kepulauan Riau,” tambahnya.

Distribusi Alquran dari ACT ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, sebanyak 15 ribu mushaf sudah terdistribusi se-Sumatra Barat oleh cabang ACT di sana. Selanjutnya, ratusan mushaf juga telah diterima oleh masyarakat di Maluku. Tak hanya itu, distribusi Alquran juga ACT lakukan di negara-negara yang sedang dirundung konflik seperti Palestina dan Suriah, juga negara dengan krisis sumber daya seperti negara-negara di Afrika.[]