Kurban 2020 Bahagiakan Penyintas Gempa di Maluku Tengah

Hewan kurban bahagiakan penyintas gempa di Maluku Tengah tahun lalu. Kebahagiaan itu diharapkan kembali hadir di Iduladha tahun ini apalagi sepekan yang lalu Maluku Tengah juga kembali diguncang gempa.

kurban untuk pengungsi
Warga yang merupakan penyintas gempa Maluku Tengah sedang bekerja sama mencacah daging kurban saat Iduladha 2020. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH – Gempa bermagnitudo 6,5 sempat mengguncang wilayah Maluku Tengah pada 26 September 2019 lalu, disertai susulan beberapa kali hingga Agustus 2020. Akibatnya saat itu, warga harus mengungsi ke dataran tinggi karena sebagian rumah masih rusak dan gempa susulan terus mengancam. Selama beberapa bulan, sejumlah warga masih enggan untuk kembali ke rumah dan memilih bertahan di pengungsian. 

Di tengah sulitnya bencana, ibadah kurban hadir membahagiakan pengungsi gempa mereka pada tahun 2020 lalu.  Salah seorang pengungsi di Puncak Bun-Bun Rustam Samual, mengucapkan terima kasih kepada Global Qurban-ACT yang telah mendistribusikan hewan kurban kepada para penyintas.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih kepada Global Qurban-ACT Maluku yang telah menyalurkan dan menyembelih 16 ekor kambing dan 5 ekor sapi untuk kita di tenda pengungsian. Ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk kami para pengungsi,” ungkap Rustam saat itu.

Sementara itu, Tim program ACT Maluku Muhammad Syamsudin Mahu bersyukur atas kepedulian dermawan yang masih memberikan perhatian kepada warga terdampak gempa di Maluku tahun lalu. Ia berharap kepedulian para dermawan kembali hadir di perayaan Iduladha tahun 2021 ini. 

“Kami berterima kasih atas amanah para dermawan pada Iduladha tahun lalu. Semoga dapat menjadi keberkahan tersendiri. Dan kami berharap kepedulian terus berlanjut di tahun ini. Mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang saat ini masih membutuhkan, apalagi Maluku Tengah juga kembali diguncang gempa sekitar sepekan yang lalu,” harapnya, Kamis (24/6/2021). []