Kurban Dermawan Hadir untuk Warga Terpinggirkan di Jakarta

Global Qurban-ACT hadir di wilayah Cawang dan Kampung Pulo, Jakarta Timur. Ratusan daging kurban dibagikan untuk warga prasejahtera yang tinggal di kawasan langganan banjir.

distribusi daging kurban
Warga prasejahtera menerima daging kurban dari Global Qurban-ACT. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Dibalik megahnya kota Jakarta, masih banyak warganya yang terpinggirkan dan hidup dalam ketimpangan sosial. Di daerah Cawang, Jakarta Timur misalnya. Sebuah kampung kecil tertutup oleh apartemen-apartemen besar di sekitarnya. Berbanding terbalik dengan kemewahan apartemen, rumah warga di kampung tersebut sangat sederhana. Sebagian besar bangunannya adalah semi permanen, dengan luas hanya beberapa meter persegi.

Rabu (21/7/2021), tim Global Qurban-ACT membawa seekor sapi kurban yang gemuk dan sehat untuk disembelih dan didistribusikan kepada warga di sana. Tak kurang dari 300 jiwa turut merasakan daging kurban para Dermawan ini.

Tim Program ACT Jakarta Timur Wuryanto mengatakan, tiap keluarga mendapatkan setidaknya satu setengah kilogram daging. "Mereka di sini mayoritas adalah pekerja dengan pendapatan yang tidak menentu. Ada yang seorang supir, pemulung, pedagang kecil, dan banyak pula yang sudah tidak bekerja. Lokasi ini kami pilih juga karena di sini rawan bencana. Terutama banjir. Sudah beberapa kali wilayah ini terendam banjir saat hujan lebat berkepanjangan melanda Jakarta," jelas Wuryanto.

Sementara itu, ketua RT setempat, Hajrianto mengucapkan rasa syukur atas kehadiran Global Qurban-ACT di wilayahnya. Menurutnya, warga di wilayahnya sangat jarang yang bisa makan makanan daging, sehingga distribusi daging kurban sangat disambut antusias oleh warganya.

"Terima kasih ACT, kalian sudah hadir di tengah-tengah masyarakat. Seusai namanya, ACT selalu cepat, tidak pernah menunggu apapun dulu. Langsung terjun ke lapangan. Ini sudah kesekian ACT membantu warga di sini. Sebelumnya ACT juga sudah membangun Sumur Wakaf dan membagikan beras gratis untuk banyak keluarga," kata Hajrianto.

Di kesempatan berbeda, di wilayah lainnya di Jakarta Timur, tepatnya di Kampung Pulo, aksi serupa pun dilakukan pada Kamis (22/7/2021). Sekitar 300 warga Kampung Pulo menjadi penerima manfaat dalam aksi distribusi daging kurban ini. Mereka adalah warga prasejahtera yang juga hidup di wilayah rawan banjir. []