Kurban Dermawan Indonesia Dinikmati Masyarakat Kazakhstan

Global Qurban - ACT pada 2019 lalu mengantarkan daging kurban hingga ke pinggiran Kota Almaty, Kazakhstan. Warga prasejahtera, penyandang disabilitas, anak-anak yatim, dan lansia.

Kurban Dermawan Indonesia Dinikmati Masyarakat Kazakhstan' photo
Para ibu sedang mengambil daging kurban yang telah dikemas. (ACTNews)

ACTNews, ALMATY – Kazakhstan adalah negara terbesar di Asia Tengah dan kedua dari negara terbesar setelah Rusia di antara negara-negara pecahan Uni Soviet. Sektor ekonomi yang paling membantu perekonomian Kazakhstan adalah industri sumber daya alam, yaitu minyak bumi.

Banyak dari wilayah Kazakhstan yang sudah cukup mapan dan memiliki perekonomian yang cukup dalam menopang perekonomian daerah. Namun tak semua hidup berkecukupan. Data dari Asian Development Bank (ADB) tahun 2019, masih ada 4,2% warga prasejahtera lagi yang tersebar di Kazakhstan.

Global Qurban – ACT menyampaikan amanah para dermawan menuju ke Kazakhstan pada tahun 2019 lalu. Puluhan orang prasejahtera di pinggiran Kota Almaty, yang merupakan kota terbesar di Kazakhstan, menjadi penerima manfaatnya.

“Kami mendistribusikannya kepada desa yang ada di pinggiran Almaty. Dan kami prioritaskan kepada warga muslim prasejahtera yang ada. Selain itu juga, daging kami distribusikan kepada anak-anak yatim, penyandang disabilitas, dan lansia,” ujar Arkin, salah seorang relawan Global Qurban – ACT di lokasi pada tahun 2019 lalu.


Masyarakat di lokasi kurban sedang menunggu giliran mengambil daging sambil bersilaturahim. (ACTNews)

Warga pun antusias dengan hadirnya amanah dari para dermawan ini. Sambil menyembelih kurban, mereka merayakannya dengan berkumpul dan bersilaturahmi dengan sesama. Salah seorang warga, berterima kasih dengan adanya kepedulian dari Global Qurban – ACT pada hari itu.

“Kami ingin ucapkan terima kasih kepada saudara - saudara kami di Indonesia yang telah mengirimkan hewan kurban kepada saudara mereka di Kazakhstan. Terima kasih juga kepada saudara kami di Indonesia karena mereka menerapkan firman Allah 'sesungguhnya sesama muslim itu bersaudara' dengan tidak saling melupakan dengan mengirimkan kami hewan kurban,” kata salah seorang warga yang menerima manfaat.


Presiden Global Qurban - ACT Hafit Timor Mas’ud mengatakan, tiap tahunnya Global Qurban - ACT selalu mengirimkan hewan kurban terbaiknya ke berbagai negara. Jangkauan distribusinya mencakup negara-negara berkembang, negara terdampak bencana, negara dengan krisis sumber daya, hingga negara yang sedang dirundung konflik kemanusiaan seperti Suriah dan Palestina. “Kepedulian Global Qurban - ACT mengalir tak hanya bagi masyarakat tepian negeri Indonesia saja, tapi juga ke masyarakat yang sedang dirundung duka serta kesulitan,” jelas Hafit.

Di tahun ini pun, tambah Hafit, Global Qurban juga akan menjangkau berbagai negara. Global Qurban akan menyalurkan hewan kurban terbaik masyarakat Indonesia ke berbagai penjuru negeri dan luar negeri. Langkah ini dijalankan demi menebar kebaikan lewat daging kurban yang mungkin saja tak setiap saat bisa dinikmati oleh mereka yang sedang merasakan kesulitan, bencana, musibah, serta kemiskinan.[]


Bagikan