Kurban Eratkan Solidaritas Umat Muslim di Kampung Badong, Tana Toraja

Perayaan kurban makin mengeratkan solidaritas sesama muslim di Kampung Badong, Kabupaten Tana Toraja. Amanah dari dermawan Global Qurban-ACT ini, hadir pada Jumat (23/7/2021) lalu.

kurban tana toraja
Masyarakat Kampung Badong, Kabupaten Tana Toraja saling bahu-membahu mendistribusikan kurban kepada sesama. Perayaan kurban sendiri terbilang jarang dilakukan di Kampung Badong. (ACTNews)

ACTNews, TANA TORAJA – Selain terkenal dengan objek wisata, Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan juga kaya akan keberagaman budaya serta kultur masyarakat. Beragam keyakinan tinggal, termasuk masyarakat muslim yang merupakan minoritas di sana.

Meskipun minoritas, namun solidaritas umat Islam di Tana Toraja tetap erat. Seperti yang digambarkan Nurul dari Tim Global Qurban-ACT ketika mengantarkan amanah dermawan ke Kampung Badong, Desa Parindingan, Kecamatan Gadangbaru Silanan, pada Jumat (23/7/2021) lalu.

“Alhamdulillah hewan kurban yang kami bawa akhirnya tertunaikan dengan bantuan dari masyarakat setempat. Sesuai dengan apa yang menjadi spirit Global Qurban-ACT sejak dahulu yaitu menjadi syiar bagi umat Islam di penjuru negeri, termasuk di Tana Toraja,” jelas Nurul.


Sejak dihuni umat muslim sekitar tahun 1970-an, Kampung Badong sendiri terhitung jarang melaksanakan pemotongan hewan kurban. Selain dari ibadah kurban, bimbingan lainnya dari segi agama di Kampung Badong pun masih diperlukan.

“Saat ini ada sekitar 50 kepala keluarga dari empat dusun yang ada di desa ini. Namun sampai sekarang bimbingan agama Islam sendiri terbilang masih perlu dikembangkan di tengah masyarakat,” ungkap Nurul.

Sebab itu Nurul berharap, hadirnya kurban dermawan di Global Qurban-ACT bisa merekatkan persaudaraan sesama muslim di Kampung Badong, baik antar masyarakat di dalam kampung maupun di luar. “Kami berharap kebaikan-kebaikan lain dari para dermawan ke depannta, akan datang kembali ke saudara-saudara kami di sini,” harap Nurul. []