Kurban Hadir untuk Buruh Tani di Peranap, Indragiri Hulu

Kebanyakan masyarakat di Dusun Lima Citra, Kecamatan Peranap, Indragiri Hulu, mencari nafkah sebagai buruh tani, mereka menggarap tanah milik orang lain. Adapun yang menggarap lahan sendiri luas tanahnya tidak seberapa. Kondisi itu belum mampu meningkatkan ekonomi mereka, sehingga pada Iduladha kali ini tidak ada satu pun yang berkurban.

Warga Dusun Lima Citra menerima daging kurban Global Qurban - ACT Riau. (ACTNews)

ACTNews, INDRAGIRI HULU Warga Dusun Lima Citra, Kecamatan Peranap, Indragiri Hulu menyambut baik kehadiran Tim Global Qurban - ACT Riau, pada Senin (3/8) lalu. Sambutan warga yang ramah kembali menyemangati tim yang harus menempuh perjalanan hampir tujuh jam dari Kota Pekanbaru. Hari itu, tim akan menunaikan amanah sejumlah pekurban di dusun tersebut.

Masyarakat Dusun Lima Citra tidak terlalu padat. Hampir seratus kepala keluarga. Kebanyakan masyarakat mencari nafkah sebagai buruh tani, mereka menggarap tanah milik orang lain. Adapun yang menggarap lahan sendiri luas tanahnya tidak seberapa. Kondisi itu belum mampu meningkatkan ekonomi mereka, sehingga pada Iduladha kali ini tidak ada satu pun yang berkurban.

Beni Andrizal dari Tim Program Global Qurban – ACT menerangkan, masyarakat Dusun Lima Citra menjadi salah satu perhatian ACT Riau karena masih banyak masyarakat yang prasejahtera. Tahun ini, tim berharap dapat mengantarkan keceriaan di momen Iduladha melalui daging kurban.

“Kami tentunya tidak hanya pada distribusi kurban, namun kita akan optimalkan juga untuk program-program kemanusiaan lainnya,” kata Beni.

Warga Dusun Citra Lima pun merasa amat diperhatikan. Takbir berkumandang mengiringi penyembelihan hewan kurban. Syukur di hari tasyrik terakhir itu pun mengudara. 

“Sangat senang kami bisa ada pemotongan kurban di tempat kami. Jarang sekali kami tahun ke tahun melaksanakan pemotongan kurban. Terima kasih ya bapak dan ibu yang sudah berkurban, semoga diberkahi Allah,” ungkap Suparlan, tokoh masyarakat Dusun Lima Citra.[]