Kurban Masyarakat Indonesia Telah Disembelih di Uganda

Tingkat kemiskinan yang tinggi membuat mereka tak mampu membeli hewan kurban. Tak ada yang dapat berkurban, maka tak juga ada yang memperoleh pemberian daging kurban.

Kurban Masyarakat Indonesia Telah Disembelih di Uganda' photo

ACTNews, MBALE, KARAMOJA - Bagi seluruh umat muslim di dunia, Hari Raya Iduladha menjadi momen istimewa yang paling dinantikan. Tak terkecuali bagi umat muslim yang tinggal di negara-negara Afrika seperti Uganda. Tak hanya sekadar untuk merayakannya, tetapi juga untuk berkumpul bersama keluarga. 

Namun, sayangnya seringkali muslim Uganda mengaku tidak dapat menyantap daging kurban pada perayaan Iduladha. Tingkat kemiskinan yang tinggi membuat mereka tak mampu membeli hewan kurban. Tak ada yang dapat berkurban, maka tak juga ada yang memperoleh pemberian daging kurban.

Kembali ke Uganda, tim Global Qurban-ACT pun memiliki tujuan untuk menyampaikan amanah dari masyarakat Indonesia. Tim terbagi menjadi dua, ada yang bertugas di Mbale dan ada pula yang di Karamoja, dengan target cakupan distribusi ke kampung-kampung warga prasejahtera Uganda. 

Yusnirsyah Sirin Iljas tim Global Qurban-ACT melaporkan, dirinya bersama mitra telah menyembelih hewan kurban sebanyak 246 ekor domba untuk wilayah Mbale. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak Ahad (11/8) hingga Selasa (13/8). 

"Alhamdulillah, pendistribusian kurban di Mbale mencakup empat distrik yakni Distrik Kubiku, Distrik Palisa, Distrik Budaka, dan Distrik Betebu. Alhamdulillah pula, setidaknya ada 30.000 warga prasejahtera Mbale yang menerima daging kurban dari masyarakat Indonesia," jelas Yusnirsyah, Selasa (13/8). 

Tak hanya di Mbale, tim Global Qurban juga ada yang berada di Karamoja. Jumlah hewan kurban yang disembelih di Karamoja lebih banyak, yakni mencapai 700 ekor domba dengan durasi yang sama seperti di Mbale. 

Said Mukaffiy dari tim Global Qurban-ACT mengatakan, hal itu mengingat di Karamoja pun masyarakat yang membutuhkan populasinya juga banyak. "Amanah utama kami di sini (Uganda) memang membagikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan. Alhamdulillah, sudah hampir kami rampungkan," kata Said

Said menambahkan, untuk wilayah distribusi, Global Qurban telah menjangkau tujuh distrik. Mereka antara lain Distrik Nakobekobe, Distrik Amudat, Distrik Karita, Distrik Gerigi, Distrik Chepusukuya, Distrik Morita, dan Distrik Nabilatuk. Seluruhnya berada di dalam wilayah Karamoja. 

"Insyaallah, saya yang di Karamoja dan Bapak Yus yang ada di Mbale akan lanjut mendistribusikan daging kurban hingga hari tasyrik terakhir. Mohon doa kepada para dermawan, semoga halang rintang yang kami alami selama bertugas bisa teratasi dengan baik. Sehingga, kami dapat menyampaikan amanah masyarakat Indonesia," pungkas Said. []

Bagikan