Kurban Terbaik Siap Sapa Kepulauan Maluku

Tim Program Global Qurban – ACT Maluku tengah memetakan distribusi daging kurban untuk Kepualaun Maluku. Sebagian besar wilayah yang dituju adalah penduduk yang jarang menikmati hidangan daging kurban.

Iduladha 1440 Hijriah, warga di Kecamatan Waikasar, Kabupaten Buru, mencacah daging kurban yang disalurkan Global Qurban – ACT. (ACTNews/ Muhar Zulfikar)

ACTNews, AMBON – Global Qurban - ACT bersiap menjangkau sejumlah wilayah terluar di Kepulauan Maluku pada Iduladha kali ini. Ada lima kabupaten yang telah masuk dalam peta distribusi daging kurban Maluku.

“Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Maluku Selatan, Buru Selatan, dan Buru,” jelas Muhammad Syamsudin Mahu dari Tim Program Global Qurban – ACT Maluku, Senin (27/7).

Syamsudin menerangkan, wilayah yang dijangkau antara lain kampung mualaf yang belum memiliki pekurban, masyarakat prasejahtera yang jarang sekali menikmati daging, dan daerah-daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten atau provinsi.


Relawan harus melintasi laut untuk menjangkau wilayah distribusi kurban di Maluku Utara. (ACTNews)

Menurut Syamsudin, konsumsi daging sapi warga di sejumlah desa di kabupeten tersebut masih cukup minim. Sebab itu, Global Qurban – ACT akan berikhtiar menyampaikan amanah kurban dermawan agar menjadi salah satu pembahagia mereka di hari raya Iduladha.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2019, pemotongan sapi di wilayah Maluku mencapai 12.041 ekor. Jumlah tersebut masuk dalam urutan keenam terendah dari 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan pada tahun 2018, data BPS memaparkan sebanyak 401 sapi yang disembelih di RPH untuk wilayah Maluku Tengah, 293 sapi di Kabupaten Buru, dan 101 di Kabupaten Seram Bagian Barat. Keberadaan pulau-pulau di Maluku yang terpisah membuat kesenjangan di sejumlah wilayah.

Tahun lalu, hewan kurban Global Qurban – ACT menjangkau warga prasejahtera di Kabupaten Buru. Sedangkan pada tahun 2018, hidangan kurban dinikmati warga di Maluku Utara.

“Tahun ini, atas dukungan para pekurban dermawan kami berikhtiar menjangkau lebih banyak wilayah di Maluku dengan lebih banyak penerima manfaat,” harap Syamsudin.

[]