Kursi Rehabilitasi Sambung Asa Slamet

Selain mendampingi Slamet (12) setiap pelayanan kesehatan, Aksi Cepat Tanggap Tegal memberikan kursi khusus untuk terapi Slamet.

Kursi Rehabilitasi Sambung Asa Slamet' photo
Slamet ditemani relawan ACT menjajal kursi khusus untuk terapi. (ACTNews/Muhammad Gunawan)

ACTNews, TEGAL – Aksi Cepat Tanggap Tegal kembali memberikan bantuan kursi khusus untuk Slamet (12), Selasa (20/5). Pasien atresia ani, multiple congenital, dan gizi buruk itu sudah didampingi ACT selama lima bulan. Menderita sakit selama 12 tahun, kondisi Slamet hanya bisa terbaring dan menghabiskan waktu di ayunan kain yang digantungkan di pintu kamar. 

Dari hasil pemeriksaan dan konsultasi ke beberapa dokter spesialis, Slamet mengalami terlambat penanganan sehingga berdampak ke pertumbuhan. Salah satu dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr. Talitha Retno Kurniawati, Sp.KFR menyampaikan, masih ada harapan untuk memandirikan Slamet. Ia menyarankan Slamet tetap melakukan terapi dan menggunakan kursi khusus untuk melatih agar Slamet bisa duduk.

Wasniah, ibunda Slamet, menyampaikan terima kasih dan berharap Slamet bisa mulai berlatih duduk. “Slamet saat mencoba duduk di kursi terlihat gelisah dan kurang nyaman mungkin karena baru pertama kali ya. Tapi nanti saya akan melatih dan mendampinginya biar Slamet bisa duduk sendiri,” kata Wasniah.

Kepala Cabang ACT Tegal Siswartono juga mempunyai harapan besar agar Slamet bisa lebih mandiri. “Ini adalah ikhtiar kita semua agar Slamet bisa belajar duduk dan diusahakan merasa nyaman. Kemudian jangan lupa untuk berdoa semoga usaha yang kita lakukan hasilnya sesuai yang diharapkan,” kata Siswartono. ACT akan terus mendampingi Slamet sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.[]