Lahan Wakaf Sawah Produktif di Cibungbulang Masuki Masa Panen

Lahan Wakaf Sawah Produktif binaan Global Wakaf-ACT di Cibungbulang, Kabupaten Bogor menggelar panen raya pada Senin (5/7/2021). Panen ini sebagai bukti bahwa wakaf mampu menjadi motor penggerak kesejahteraan produsen pangan.

panen raya
Sejumlah petani menggelar panen raya di lahan sawah binaan Global Wakaf di wilayah Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat (ACTNews/Abdurrahman Rabbani)

ACTNews, CIBUNGBULANG — Lahan persawahan di Cibungbulang, Kabupaten Bogor pada Senin (5/7/2021), menggelar panen raya. Setelah 90 masa tanam, lahan sawah binaan Global Wakaf-ACT melalui program Wakaf Sawah Produktif mulai menuai hasil. Panen kini seakan menjadi penguat bahwa wakaf di sektor produktif mampu menghadirkan kesejahteraan bagi produsen pangan, dalam hal ini ialah petani.

Suhendar (56), salah satu petani yang terlibat dalam Wakaf Sawah Produktif, berharap, adanya program kebaikan yang bersumber dari dana wakaf tersebut mampu menyejahterakan petani. Pengelola lahan sawah satu hektare tersebut mengaku senang.

“Hari ini panen, semoga bisa terus menyejahterakan para petani,” ungkapnya.

Petani binaan Global Wakaf di Cibungbulang ini dalam proses penanaman dan perawatan padi menggunakan pupuk nutrisi dari Aksi Cepat Tanggap. Pupuk organik bebas residu. Suhendar berharap, pupuk organik yang digunakan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas beras.

“Semakin ke sini pupuk kimia semakin sedikit, semakin langka, ada pun dijatah. Alhamdulilah ada pupuk organik dari ACT, dengan pupuk bio nutrisi ini semoga bisa buat hasil panen melimpah," tambah Suhendar.

Sementara itu, tim Global Wakaf-ACT, Wahyu Nur Alim menjelaskan, gabah hasil panen petani di Cibungbulang ini akan dibeli ACT untuk nantinya didistribusikan ke masyarakat prasejahtera melalui Gerakan Sedekah Pangan Nasional dan program kemanusiaan lainnya sebagai Beras Wakaf.

“Dengan hasil panen ini, para petani juga mengambil bagian dalam aksi kebaikan. Karena setiap bulir padi yang mereka tanam hingga panen akan dibagikan secara gratis ke masyarakat yang membutuhkan,” jelas Wahyu.[]