Lawan Corona, ACT Sulsel Lakukan Disinfeksi di Fasilitas Publik

Aksi Cepat Tanggap bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan melakukan pencegahan Covid-19 dengan disinfeksi sejumlah fasilitas publik pada Rabu (18/3). Tidak hanya itu, ACT dan MRI Sulsel terus mengupayakan bantuan berupa masker, hand sanitizer, dan edukasi kepada publik.

Lawan Corona, ACT Sulsel Lakukan Disinfeksi di Fasilitas Publik' photo
Tim MRI-ACT Sulawesi Selatan dalam persiapan disinfeksi. (ACTNews)

ACTNews, MAKASAR – Penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah sampai pada fase yang tidak bisa dianggap remeh, termasuk di Sulawesi Selatan. Per Kamis (19/3), pemerintah mengumumkan dua orang di Sulawesi Selatan positif terinfeksi virus corona. Upaya pencegahan terus dilakukan sejumlah kalangan. Mulai dari segmen pemerintah, universitas, maupun lembaga independen.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan turut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), ACT melakukan disinfeksi di beberapa masjid di Makassar mulai Rabu (18/3) kemarin. Seperti masjid Jami’ Al-Azhar Alauddin, Masjid Nurul Fatwa Bontomanai, dan Masjid Al-Ihsan Alaudin.


Berbekal pengetahuan meramu larutan pembasmi virus dari SDM dan media resmi ACT yang ada, relawan MRI Sulawesi Selatan membuat larutan disinfektan secara mandiri. Bahan-bahannya dapat diperoleh di toko-toko bahan kimia setempat.

“Kebetulan di ACT dan MRI kami memiliki tim medis yang siap membantu. Alhamdulillah dengan pengarahan mereka juga kami dapat membuat cairan disinfektan secara mandiri,” kata Kepala Cabang ACT Sulsel, Faizal Agunisman.


Salah satu relawan sedang menyempotkan cairan disinfektan di tempat wudu. (ACTNews)

Meski baru pertama kali, aksi disinfeksi ini tetap menerapkan standar keselamatan bagi para relawan MRI yang terlibat. Para relawan dilengkapi masker, mantel, sepatu bot, dan alat pengamanan diri (APD) lainnya.

Selain disinfeksi, ACT dan MRI Sulawesi Selatan tengah membuat rencana pengadaan hand sanitizer di bawah tagar #1000HandSanitizerUntukSulsel. Hand sanitizer ini akan dibagikan untuk khalayak yang membutuhkan. Terutama di pusat-pusat keramaian seperti sekolah, pasar, masjid, dan tempat-tempat lain yang dianggap perlu.

ACT dan Sulawesi Selatan juga terus mengupayakan ketersediaan masker, meski ketersediaannya sangat langka

Selain bantuan-bantuan yang bersifat fisik, Faizal berharap para relawan juga dapat semakin responsif menanggapi kepanikan publik. Melalui edukasi-edukasi, ia berharap kecemasan masyarakat ikut berkurang.

“Para relawan MRI harus mampu memposisikan diri di tengah kondisi publik yang cenderung was-was. Selain terus konsisten mengadakan disinfeksi di berbagai fasilitas dan lokasi. Selain utu mereka juga diharapkan untuk terus turut mengedukasi publik dengan memposting konten-konten edukatif terkait Covid-19. Seperti resep ramuan-ramuan herbal yang bisa menguatkan sistem imun, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan ajakan untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan,” ungkap Faizal. []


Bagikan

Terpopuler