Layanan Kesehatan HMS ACT Sapa Warga Prasejahtera di Kampung Cahaya

Pelayanan kesehatan untuk masyarakat prasejahtera terus dilakukan. Aksi ini dilakukan agar semua masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan dengan mudah.

Berobat gratis ACT
Tim HMS tengah melayani masyarakat prasejahtera di Kampung Cahaya yang memeriksakan kesehatannya. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Pasca Ramadan, pelayanan kesehatan untuk masyarakat prasejahtera terus dilakukan. Pada Jumat (13/5/2022) tim Humanity Medical Services (HMS)-ACT membuka layanan kesehatan di Kampung Cahaya, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. 

Dokter Alifa dari tim HMS ACT mengatakan, di Kampung Cahaya, 80 persen warga bekerja sebagai pemulung. Hasil memulung tidak menentu, tergantung pada banyaknya barang bekas yang didapat. 

“Keliling mencari barang bekas dengan berjalan kaki, membawa karung ada juga dengan menarik gerobak,” ujarnya. 

Penghasilan yang didapat sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Biaya untuk kesehatan biasanya bukanlah menjadi prioritas atau bahkan tidak ada. 

“Jadi saat sakit, mereka hanya membeli obat di warung tidak ke dokter, ini karena biaya enggak ada. Baru akan ke dokter atau rumah sakit, saat sakitnya sudah parah. Karena itu kesehatan masyarakat prasejahtera, khususnya pemulung perlu mendapat perhatian lebih,” kata Dokter Alifa. 

Wati, warga setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada tim HMS ACT yang mau mengadakan pelayanan kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya. Menurutnya jarang ada kegiatan pelayanan kesehatan secara lengkap.  

“Biasanya ada yang mengadakan tetapi hanya cek kolesterol, asam urat dan gula darah. Tapi sekarang alhamdulillah ada tim dokter dan obat-obatannya, semoga keluarga besar ACT semakin sukses dan jaya selalu,” ucapnya.[]