Layanan Kesehatan Pastikan Kesehatan Warga di Tengah Ramadan

Ramadan tahun ini menjadi yang kedua selama pandemi. Tentu ada yang berbeda yang perlu dilakukan warga ketika menjalani ibadah. Salah satunya memastikan kondisi kesehatan sangat diperlukan.

1
Pemeriksaan medis dari tim Humanity Medical Services di Solo Raya. (ACTNews)

ACTNews, SOLO – Pekan pertama Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Raya menggelar pelayanan kesehatan dari tim Humanity Medical Services di Keprabon, Surakarta. Kegiatan yang digelar pada Ahad (18/4/2021) ini dilakukan untuk memastikan kesehatan warga di tengah ibadah puasa. Puluhan warga yang datang dari berbagai usia memeriksakan kondisi kesehatan mereka.

Salah satu pasien, Endang mengatakan, sangat senang sekali dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan berobat gratis ini. Dirinya sendiri jarang melakukan pengecekan kesehatan karena anak-anaknya sibuk bekerja. “Tiap kali saya merasa sakit, saya pilih tiduran dan menahan sakitnya. Tapi setelah diperiksa dokter, saya senang karena masih ada orang yang peduli dengan saya,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis, rata rata warga Keprabon yang memeriksakan kondisi kesehatannya mengalami tekanan darah tinggi, glukosa, asam utara dan kolesterol. “Lewat pemeriksaan medis ini, selain memberikan obat, juga warga teredukasi untuk hidup sehat setelah mengetahui kesehatannya,” jelas Ardiyan Sapto dari tim Program ACT Solo Raya.

Humanity Medical Services sendiri merupaka program kesehatan yang ACT hadirkan sebagai respons mendesaknya pelayanan kesehatan gratis, khususnya bagi warga prasejahtera. Layanan ini sudah banyak memberikan pelayanan kesehatan, baik untuk warga umum maupun korban bencana seperti di Sulawesi Barat pada Januari lalu serta bencana banjir dan tanah longsor di NTT.[]