Layanan Kesehatan untuk Penyintas Banjir Rob Teluknaga

Dampak banjir, kesehatan warga di Teluknaga mulai terganggu. Merenspons kondisi ini, ACT bersama berbagai komunitas menggelar pelayanan kesehatan gratis.

act kabupaten tangerang
Pelayanan medis untuk warga terdampak banjir rob Teluknaga. (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG Aksi Cepat Tanggap Kabupaten Tangerang bersama berbagai komunitas menggelar bakti sosial bertajuk “Sinergi Dalam Berbagi" untuk warga terdampak banjir rob di Desa Lemo, Teluknaga, Kabupaten Tangarang, Ahad (16/01/2021). Banjir kali ini merendam tiga RT di Kampung Muara, atau 416 keluarga terdampak, yang telah berlangsung hampir sebulan.

Akibat banjir, selain mengganggu aktivitas, juga mengancam kesehatan warga. Air yang menggenang terlalu lama dikhawatirkan menjadi medium penyebaran penyakit.

Muhammad Abdul Ghofur dari tim ACT Kabupaten Tangerang, mengatakan, sebagian besar warga Kampung Muara mengalami penyakit kulit dampak bencana ini.

Berangkat dari melihat kondisi kesehatan warga, ACT bersama berbagai komunitas tergerak mengadakan layanan kesehatan gratis,” jelasnya.

Adapun komunitas yang tergabung dalam aksi ini ialah FBC, LKT, GB, Kombi, Sekolah Relawan, Sinergi Milenial, Desa Sehat & RN, Komunitas Biola Tangerang, Rumah Ytaim, Komunitas Dongeng Indonesia, Jumat Sedekah Tangerang, dan Relawan Pangkalan.

Selain layanan kesehatan, bantuan lainnya untuk para penyintas banjir rob adalah pendistribusian air bersih layak minum, makanan siap saji, santunan anak yatim hingga hiburan dan edukasi seperti pengenalan musik kroncong serta dongeng untuk anak-anak.

Adapun komunitas yang tergabung dalam aksi social ini adalah FBC, LKT, GB, Kombi, Sekolah Relawan, Sinergi Milenial, Desa Sehat & RN, Komunitas Biola Tangerang, Rumah Ytaim, Komunitas Dongeng Indonesia, Jumat Sedekah Tangerang, dan Relawan Pangkalan.

Sambutan hangat pun datang dari warga. Seperti Yatno, tokoh masyarakat setempat yang berterima kasih atas kehadiran relawan di wilayahnya. Ia begitu senang karena ada pelayanan kesehatan gratis yang diberikan bagi warga terdampak banjir.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan anak mudah seperti ini. Semoga kebaikan yang telah dilakukan untuk kami dibalas oleh Allah,” ungkapnya.[]