Layanan Makan Gratis, Berkah Zakat untuk Warga Kapuk

Layanan Makan Gratis, Berkah Zakat untuk Warga Kapuk

Layanan Makan Gratis, Berkah Zakat untuk Warga Kapuk' photo

ACTNews, JAKARTA BARAT –  Humanity Food Truck dari Global Zakat Aksi Cepat Tanggap kembali beraksi. Kamis (21/2), Humanity Food Truck menyapa masyarakat di wilayah pabrik konveksi tepatnya di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Sekitar 1.000 paket makanan yang dimasak di Humanity Food Truck dibagikan secara cuma-cuma ke 1.000 masyarakat Pergudangan.

Hariadi selaku Sekretaris RT 9 RW 1 Kelurahan Kapuk menuturkan, ini merupakan pertama kalinya Humanity Food Truck hadir di daerahnya. Ia menyambut baik program dari Global Zakat tersebut. Menurutnya, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat, terutama yang membutuhkan.

“Tentunya program ini sangat membantu masyarakat dari segi makan. Momentumnya pas, terutama bagi masyarakat yang memang membutuhkan bantuan makan ini. Penghasilan masyarakat di sini pas-pasan. Alhamdulillah ada program ini,” ujar Hariadi.

Hariadi menceritakan, masyarakat sekitar sebagian hidup prasejahtera. Walaupun mereka hidup di tengah-tengah pabrik, hanya sebagian kecil dari mereka yang dapat bekerja di pabrik konveksi tersebut.

“Kalau di pabrik ini kebanyakan yang kerja pendatang. Masyarakat malah kerjanya jauh dari sini, ada yang dagang, ada yang karyawan biasa. Cuma masih ada pengangguran di sini terutama di kalangan anak-anak muda,” lanjut Hariadi.

Untuk mengisi kegiatan sehari-hari dengan sesuatu yang bermanfaat, para pemuda tersebut diajak untuk ikut bergabung dalam organisasi Jampala (Jambu Pecinta Alam). Muhammad Abidin selaku pembina Jampala menyebutkan, keberadaan Jampala sebagai bentuk pemberdayaan pemuda setempat agar melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi sesama.

“Nah, pemuda dalam Jampala inilah yang ikut serta dalam menyukseskan program Humanity Food Truck hari ini. Merekan bantu distribusi dan penyaluran secara tertib. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih dengan program ini. Semoga berguna bagi masyarakat dan bisa menjalin silaturrahmi antara masyarakat dengan Global Zakat untuk ke depannya,” ungkap Abidin.

Pemilihan Kelurahan Kapuk untuk tempat lokasi implementasi Humanity Food Truck memang tidak terlepas dari kondisi masyarakat sekitar yang sebagian masih hidup pra sejahtera. “Kita adakan di sini agar masyarakat merasakan langsung manfaat dari program ini,” ucap Yazid selaku relawan Global Zakat.

Yazid berharap, program yang didanai dari dana zakat ini dapat berjalan dengan baik dan membantu masyarakat yang kesulitan. "Respons dari masyarakat sangat bagus dan antusias menerima bantuan ini. InsyaAllah Food Truck ini akan terus berjalan membantu ke berbagai tempat di Jakarta hingga akhir Maret ini. Semoga ikhtiar kita ini dilancarkan oleh Allah,” pungkasnya. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan