Layanan Medis Hingga ke Pelosok Negeri

Selain di lokasi bencana, pelayanan medis Humanity Medical Services juga digelar di berbagai daerah. Di Pangkep salah satunya. Layanan medis gratis ini menyapa hingga warga di pelosok negeri.

1
Tim HMS-ACT Sulsel menggelar pelayanan kesehatan untuk warga di pelosok Pangkep. (ACTNews)

ACTNews, PANGKAJENE DAN KEPULAUAN –   Sebanyak 12 orang dari tim Humanity Medical Serices-ACT dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia Sulawesi Selatan menggelar pelayanan kesehatan gratis, Sabtu (1/5/2021). Lokasi pelayanan ini cukup jauh dari perkotaan. Tepatnya di Kampung Buttue, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Perjalanan menuju Kampung Buttue tidaklah sebentar. Untuk tiba ke dermaga menuju perkampungan tersebut saja membutuhkan waktu 1,5 jam. Perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit. Buttue merupakan perkampungan nelayan yang dihuni 43 keluarga Suku Bugis Makassar. Posisinya di Bantaran Sungai Kanaungan, berbatasan langsung dengan teluk Makassar, terpencil dan di atas perairan payau.

Koordinator Humaniy Medical Services Sulsel Qadrianti Febry Ramadhani mengatakan, pelayanan kesehatan ini merupakan agenda rutin yang menyasar berbagai lokasi di Sulsel. Pada umumnya lokasi pelayanan sulit dijangkau dan minim fasilitas dan akses kesehatan.

“Warga Kampung Bettue ini masih kurang mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak dan sebagian warga ekonominya masih prasejahtera,” ungkap Qadrianti.

Selain pelayanan kesehatan, Humanity Medical Services-ACT Sulsel juga melakukan edukasi pola hidup sehat dan cara mengonsumsi obat yang benar saat menjalankan ibadah puasa. Aksi ini pun disambut baik oleh warga setempat.

Selain di wilayah pelosok, Humanity Medical Services-ACT juga selalu bersiaga tiap kali bencana melanda. Seperti gempa yang mengguncang di Sulawesi Barat Januari lalu serta bencana dampak badai di Nusa Tenggara Timur baru-baru ini.[]