Layanan Pangan Gratis bagi Keluarga Prasejahtera Jakarta Timur

Ekonomi yang menurun sejak adanya pandemi membuat kebutuhan pangan menjadi salah satu yang mendesak untuk dipenuhi di kalangan masyarakat prasejahtera. Menanggapi fenomena ini, ACT berikhtiar untuk memenuhi pangan masyarakat lewat berbagai program kemanusiaan.

Relawan ACT sedang membantu penerima Beras Wakaf saat mengambilnya di ATM beras di Humanity Rice Truck. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Pangan masih menjadi kebutuhan utama dan mendesak untuk dipenuhi selama pandemi berlangsung. Apalagi bagi keluarga prasejahtera. Mereka menjadi golongan paling merasakan dampaknya dan kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi selama pandemi.

Melihat kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta Timur pada Rabu (11/11) lalu menggelar distribusi beras gratis di wilayah Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Menggunakan armada kemanusiaan Humanity Rice Truck, 1.500 kilogram berasi dibagikan kepada 300 keluarga. Warga pun menyambung aksi kebaikan ini dengan antre secara tertib di ATM beras yang ada di sisi badan truk.

“Di sisi gedung pencakar langit wilayah Cawang banyak tinggal warga prasejahtera di permukiman padat penduduk. Mereka ini lah sasaran sebagai penerima manfaat beras gratis ini,” jelas Wurriantoro dari Tim Program ACT Jakarta Timur.

Pendistribusian beras gratis dilakukan di wilayah Gang Arus Dalam, Cawang. Beras yang didistribusikan merupakan Beras Wakaf produk dari Global Wakaf-ACT bersama para petani binaannya. Harapannya, distribusi beras dari program Operasi Beras Gratis ini bisa menghidupi keluarga prasejahtera dalam beberapa waktu ke depan.

“Mayoritas penerima manfaat Beras Wakaf di wilayah Cawang ini merupakan buruh lepas, pedagang kecil serta pekerja harian. Dengan hadirnya bantuan dari dermawan ini, mereka pun menyambutnya dengan senang,” tambah Wuri.

Pedistribusian Beras Wakaf di Cawang, Jakarta Timur ini merupakan satu dari sekian banyak aksi kemanusiaan untuk penuhan pangan yang ACT lakukan ke wilayah-wilayah yang dihuni masyarakat prasejahtera. Di Jakarta Timur sediri juga telah hadir Lumbung Sedekah Pangan yang digerakkan masyarakat, buah Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Bersama mitra-mitra, ACT mencoba ikut memenuhi kebutuhan pangan di Lumbung Sedekah Pangan.

“Kebutuhan pangan yang terdistribusi merupakan ikhtiar ACT bersama dermawan untuk mendampingi masyarakat prasejahtera,” jelas Wuri.[]