LAZIS PT PJB dengan ACT Kirimkan Bantuan Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur bersama LAZIS PT Pembangkit Jawa Bali memberangkatkan truk bantuan dan Ambulans Pre-Hospital ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan guna membantu penyintas gempa dan banjir di kedua daerah tersebut.

LAZIS PT PJB dengan ACT Kirimkan Bantuan Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel' photo
Pemberangkatan Ambulans Pre-Hospital dan truk berisi bantuan pangan. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA – Awal tahun 2021, Indonesia dihadang bencana di berbagai daerah seperti gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan serta bencana lainnya. Situasi ini memberikan tekanan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak bencana.

Namun, bangsa Indonesia menunjukkan kedermawanan dan persatuannya. Di tengah kondisi sulit ini anak bangsa bahu-membahu mengirimkan bantuan terbaiknya. Seperti yang telah dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur bersama LAZIS PT Pembangkit Jawa Bali pada Selasa (19/1). Kedua lembaga ini memberangkatkan truk bantuan dan Ambulans Pre-Hospital ke Sulawesi Barat guna membantu meringankan beban korban gempa. Selain itu LAZIS PT PJB juga mengirimkan bantuan bagi korban banjir di Kalimantan Selatan yang akan diimplementasikan oleh ACT cabang Kalimantan Selatan.

Truk boks berisi ratusan paket pangan, obat-obatan dan perlengkapan lain untuk bayi dan lansia. Ambulans Pre Hospital yang dikirimkan dilengkapi denga alat yang cukup dalam rangka menunjang pertolongan pertama pada tanggap bencana. Truk dan ambulans tersebut diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Selain itu, bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 150 juta juga disalurkan bersamaan dengan aksi ini


Pemberangkatan bantuan ini rangkaian awal dari program Kapal Kemanusiaan, yang nantinya akan memuat lebih banyak bantuan. “Ini adalah bentuk kepedulian direksi PJB atas bencana Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Kalimantan Selatan. Insyaallah tahap kedua akan disalurkan lagi lewat ACT,” ujar Sugiyanto, PLT Dirut PJB.

Rohadi selaku Direktur Marketing ACT Jawa Timur menyampaikan ucapan terima kasih dan mengabarkan bahwa donasi akan didistribusikan melalui 3 posko yang ada di Sulawesi Barat, yaitu Posko Induk Makassar, Posko Induk Palu, dan Posko Wilayah Mamuju. “Nanti akan menyusul mitra lainnya. Serta menyiapkan kapal kemanusiaan yang memuat 1.000 ton bantuan. Jadi butuh mitra lebih banyak lagi,” terangnya.

Rohadi berharap, semua masyarakat dari berbagai elemen untuk selalu peduli terhadap kondisi bangsa yang saat ini selain diterpa badai Covid-19 juga bencana alam. "Meskipun kondisi seperti ini, nilai kedermawanan tetap dicamkan dan diutamakan demi membantu saudara-saudara kita yang terdampak,” pungkasnya. []