Lebih Bahagia dengan Sedekah Qurban

Lebih Bahagia dengan Sedekah Qurban

ACTNews, JAKARTA – Menjelang Iduladha, semua Muslim bersukacita. Siapa yang tidak ingin menyambut hari besar kedua umat Islam sebaik-baiknya? Semua orang pasti ingin menunaikan kurban, mempersembahkan daging kurban untuk dibagikan manfaatnya kepada mereka yang paling membutuhkan.

Tapi, pernahkah tercetus di benak Anda, para penerima kurban juga sebetulnya ingin menjadi pekurban? Mereka yang paling membutuhkan daging kurban, juga memendam keinginan untuk menjadi tangan di atas. Mereka juga ingin menghayati ketakwaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, ketika Ibrahim AS diperintahkan mengorbankan anaknya.

Sementara itu, menjelang Iduladha, di tengah hiruk-pikuk ekonomi kota-kota besar tentu ada pula orang-orang yang memang mampu menunaikan ibadah kurban setiap tahunnya. Mereka sudah mulai mempersiapkan hewan kurban untuk kelak disembelih dan dibagikan dagingnya. Bahkan, mereka sudah mempersiapkannya dari tahun sebelumnya!

Memang benar, mengurbankan hewan di hari Iduladha merupakan ibadah yang akan diganjar pahala besar. Namun, ada juga ibadah yang diganjar pahala yang tak kalah besarnya. Apalagi, ibadah ini pun lebih luas manfaatnya: berkurban atas nama orang lain, atas nama mereka yang tak berpunya. Ya, bersedekah kurban.

Sejak tahun 2016, Global Qurban menghadirkan program yang memungkinkan ibadah ini. Adalah Sedekah Qurban, program yang memungkinkan pekurban untuk membeli hewan kurban atas nama orang yang tak berpunya atau mereka yang telah berjasa. Mulai dari dai, guru, hingga para penjaga negeri di tapal batas.

“Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu menunaikan kurban atas nama mereka, untuk membantu ibadah sunnah muakkadah yang telah lama mereka idamkan. Penetapan nama pekurban bisa dilakukan pekurban atau diserahkan kepada pihak Global Qurban ACT,” tutur Muhammad Basair, dari Global Qurban.

Jumlah hewan yang dikurbankan pun bervariasi, tergantung kemampuan pekurban. Yang jelas, satu ekor hewan setara kambing bisa diberikan atas nama satu orang. Harga yang dipatok Global Qurban setara dengan program Qurban Reguler, yakni Rp1.700.000 untuk seekor kambing atau Rp11.900.000 untuk seekor sapi.

Lantas kapan Sedekah Qurban dilaksanakan?

Jawabannya, bisa kapan saja. Menjelang Hari Raya Iduladha, Sedekah Qurban masih menerima. Pun jika pekurban ingin membeli hewan untuk disedekahkan di Iduladha tahun berikutnya, diperbolehkan. Dengan begitu, pekurban sudah memastikan Sedekah Kurban-nya untuk tahun depan.

Menurut Basair, adanya Sedekah Qurban akan memastikan terwujudnya visi utama Global Qurban: agar setiap orang bisa berkurban. Selain itu, manfaat yang diberikan pun luar biasa luasnya. Pemberi kurban mendapatkan pahala sedekah, pekurban mendapatkan pahala berkurban, dan tentunya orang-orang yang menerimanya bisa merayakan Iduladha dengan daging gurih, berkah kepedulian sesama Muslim.

“Sedekah Qurban bisa dilakukan di bank mana saja. Hanya tinggal transfer ke rekening Global Qurban dan konfirmasi untuk Sedekah Qurban,” imbuh Basair dalam wawancaranya dengan tim ACTNews, akhir Juli 2018.

Hari berganti pekan, tinggal menghitung pekan-pekan ke depan sampai Lebaran Kurban datang dengan segala keriuhan dan kebahagiannya. Sudah sampai mana niatan kita untuk berkurban? Atau justru malah terbersit niatan baru untuk mengirimkan Sedekah Qurban? []

Tag

Belum ada tag sama sekali