Lebih dari 7.000 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu

Sudah tiga hari hujan mengguyur wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

banjir di Kalbar
10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu terendam banjir setinggi 50 sampai 150 sentimeter (ACTNews)

ACTNews, KAPUAS HULU — Hujan deras sejak Jumat (30/9/2021) malam hingga Sabtu (2/10/2021) menyebabkan lima ribu rumah terendam banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ketinggian muka air mencapai 50-150 sentimeter.

“Banjir disebabkan karena curah hujan yang tinggi. Sekitar tiga hari hujan mengguyur wilayah Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan dalam keterangan tertulis, Senin (4/10/2021).

Sekitar 217 fasilitas umum di 10 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu terdampak. Sementara itu, banjir juga mendampak 7.357 KK. Tim Program ACT Kalimantan Barat, Nircho Dwi Anggoro mengatakan saat ini para korban banjir masih memilih tinggal di rumah masing-masing. Mereka juga membuat tempat yang lebih tinggi semacam panggung di dalam rumah.

“Belum ada yang mengungsi, kalau pun ada, mereka mengungsi ke tempat keluarga. Warga memilih bertahan di dalam rumah menyelamatkan barang-barang dengan membuat panggung dalam rumah,” katanya.

Nircho menjelaskan, meski bantuan sudah datang, jumlahnya belum cukup sebab ribuan orang yang membutuhkan bantuan ini. “Mereka saat ini membutuhkan makanan siap saji, kemudian perlengkapan kebersihan, pakaian layak, dan obat-obatan,” kata Nircho.[]