Lembaga Kemahasiswaan UNILA Siap Edukasi Pencegahan Covid-19

Sosialisasi pencegahan virus corona atau Covid-19 di Kampus Unila sangat dibutuhkan. Hal ini karena penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah semakin meluas.

Perwakilan Lembaga Kemanahasiswaan di Universitas Lampung sedang pertemuan perdana dan diskusi teknis Edukasi Cirus Corona di Lapangan Belakang Rektorat Unila pada Rabu (11/3). (ACTNews/Hermawan Wahyu Saputra)

ACTNews, LAMPUNG - ACT Lampung mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Salah satunya Universitas Lampung (UNILA). Usai memaparkan pentingnya edukasi pencegahan Covid-19 kepada rektorat UNILA, Lembaga Kemahasiswaan UNILA siap memberikan edukasi pencegahan penularan Virus Corona di lingkungan kampus UNILA. Perwakilan lembaga kemahasiswaan menghadiri edukasi perdana dan diskusi teknis pada Rabu (11/3) di Lapangan Belakang Rektorat UNILA.

"Ini bagian dari upaya kami dalam mencegah penyebaran virus corona. Semakin banyak pihak yang terlibat, semakin baik," ungkap Shintia Erleni dari Tim Kemitraan ACT Lampung.

Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari Himasakta, DPM FT, BEM FT, Birohmah, BEM FK Unila, Cimsa Unila, dan BEM FK Unila. Selain itu hadir Staf Ahli Kementerian Luar Negeri BEM Unila Rahmad Syahrul Ramadhan. 

Dalam kesempatan tersebut, Rahmad Syahrul Ramadhan mengatakan sosialisasi pencegahan virus corona atau Covid-19 di Kampus Unila sangat dibutuhkan. Hal ini karena penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah semakin meluas. Kegiatan tersebut merupakan cara yang baik dan sangat penting untuk mencegah penyebaran maupun penularan Covid-19. Kolaborasi antara Lembaga Mahasiswa, komunitas, dan ACT merupakan langkah yang baik untuk lingkungan Kampus Unila.

Koordinator Relawan Edukasi Corona M. Nabil Badri mengajak semua elemen Lembaga Mahasiswa di Universitas Lampung untuk ikut serta dalam kegiatan edukasi pencegahan virus corona. Kegiatan akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan mendatangi setiap kelas di semua jurusan. Nantinya relawan akan memberi edukasi pencegahan penularan Virus yakni dengan tidak menyentuh bagian hidung, mulut, dan mata menggunakan tangan;  etika batuk dan bersin; menerapkan cara mencuci tangan yang benar; dan upaya lain seperti mengurangi menyentuh benda-benda di tempat umum.

Relawan yang terjun ke lapangan akan dibekali edukasi terlebih dahulu oleh ACT Lampung dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila, sehingga materi yang disampaikan akan seragam dan benar. Untuk itu saat ini relawan sedang merampungkan proses administrasi dengan mengirim Term of Reference (TOR) ke Warek III Unila. 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BEM Unila yang sudah mendukung rencana aksi tersebut. Selain di Unila, aksi edukasi dan penggalangan dana juga sedang berlangsung di UIN Raden Intan Lampung oleh Komunitas Elbravium Care,” tutupnya. []