Lewat ACT, Khodim Masjid Al-Aqsha Bangun Sumur Wakaf di Rafah

Lewat kolaborasi kemanusiaan, perkumpulan pendakwah Khodim Masjid Al-Aqsha dari Komunitas As-Sunnah membangun satu unit Sumur Wakaf di Gaza bersama ACT. Dibangun di samping Masjid Al Imam Ashafei' di Rafah, Gaza Selatan, sumur ini diikhtiarkan mampu memenuhi kebutuhan air jemaah masjid dan masyarakat sekitar.

sumur wakaf palestina
Sumur Wakaf yang dibangun Khodim Masjid Al-Aqsha dari Komunitas As-Sunnah selesai dibangun di samping Masjid Al Imam Ashafei', di Rafah, Gaza Selatan. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Otoritas Kualitas Air dan Lingkungan Palestina menyatakan wilayah Gaza tengah menghadapi krisis air besar-besaran sebagai akibat dari menipisnya akuifer (lapisan tanah yang mengandung air) di wilayah tersebut. Tragedi kemanusiaan yang terjadi di sana pun berdampak pada ketersediaan air bagi penduduk Palestina.

Berangkat dari hal tersebut, perkumpulan pendakwah Khodim Masjid Al-Aqsha dari Komunitas As-Sunnah berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk membangun Sumur Wakaf di Gaza. Lokasi pembangunan yakni di samping Masjid Al Imam Ashafei' di Rafah, Gaza Selatan. Sumur ini diproyeksikan mampu memenuhi kebutuhan air bagi para jemaah masjid.

Firdaus Guritno dari tim ACT, menjelaskan, proses pembangunan sumur ini dimulai pada bulan Februari, dan telah bisa digunakan pada Juni ini. Ribuan liter air yang keluar dari sumur akan disalurkan melalui pipa-pipa menuju keran masjid untuk memudahkan jemaah menggunakan air bersih ini.

"Insyaallah, air yang dihasilkan dari Sumur Wakaf merupakan air bersih dan layak untuk pembersihan diri dari hadas kecil maupun besar. Sebab, air tanah yang disedot berasal dari kedalaman puluhan meter, dan telah melewati sistem penyaringan," jelas Firdaus, Jumat (10/5/2022).

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, sumur kolaborasi dengan Khodim Masjid Al-Aqsha ini merupakan Sumur Wakaf ke 56 yang telah dibangun di tanah Gaza. Air yang keluar dari sumur ini manfaatnya pun akan meluas, tak hanya untuk ibadah, tetapi juga digunakan harian untuk warga sekitar.

"Termasuk untuk minum. Sebab sebagian besar air yang tersedia di Gaza tercemar dan tidak layak minum. Sehingga kehadiran Sumur Wakaf menjadi sumber air bersih untuk kepentingan konsumsi bagi ribuan warga Gaza," tambah Firdaus.

Untuk diketahui, lokasi pembangunan sumur ini juga merupakan salah satu kawasan padat penduduk  di Gaza selatan. Tingkat pengangguran dan kemiskinan di Rafah pun sangat tinggi, membuat sebagian besar penduduknya sangat bergantung pada bantuan masyarakat internasional.[]