Lewat Kedai Makanan Ringan, Maryam Penuhi Kebutuhan dan Pengobatan Suami

Dengan berdagang kebutuhan makanan ringan, Maryam berusaha memenuhi kebutuhan keluarga serta suaminya yang kini terbaring sakit.

bantuan modal pontianak
Maryam ketika ditemui pada Rabu (3/11/2021) lalu. (ACTNews)

ACTNews, PONTIANAK – Suami yang jatuh sakit membuat Maryam memutuskan untuk kembali dari perantauannya di Kabupaten Sanggau, ke kota kelahirannya di Pontianak. Mereka bahkan menutup warung makanan ringan yang berdiri di dekat kebun sawit yang sempat mereka kelola di Kabupaten Sanggau.

“Atas saran anak-anak, kami memutuskan untuk kembali ke Pontianak, dan kami mulai semuanya dari nol. Karena uang yang ada habis digunakan untuk biaya berobat suami saya,” ungkap Maryam ketika ditemui pada Rabu (3/11/2021) lalu.

Kini Maryam kembali membuka sebuah warung makanan ringan di pinggi gang rumah yang ia tinggali di  Kota Pontianak. Dari sana Maryam kini menghidupi kebutuhan harian keluarga, serta pengobatan suami yang saat ini tak dapat beraktivitas.

Terkadang Maryam mengaku menahan kebutuhan pribadi dan mendahulukuan kebutuhan suaminya dahulu. Meskipun begitu, Maryam memilih untuk terus berusaha sendiri karena tak ingin merepotkan anak-anaknya yang kini telah berkeluarga.


“Sekarang saya di rumah merawat suami saya, hanya dengan anak saya yang bungsu,” terang Maryam. Anak-anaknya kerap mengkhawatirkan kondisi kesehatan sang ibu yang kini sedang dilanda ujian. “Namun saya bilang, ‘Tenang, Mamak ndak terpikir sampai ke situ (depresi). Insyaallah Mamak masih ada iman’,” tambah Maryam.

Tetapi tanpa meminta, kebaikan terus datang untuk Maryam, terutama dari orang-orang sekitar. “Ada saja yang datang terkadang mengatarkan makan atau sembako untuk kami,” ujar Maryam.

Kebaikan itu datang lagi melalui Sahabat Wakif yang memberikan harta terbaik mereka melalui Global Wakaf-ACT. Lewat program Wakaf UMKM, Global Wakaf-ACT menyalurkan modal usaha untuk Maryam.

Harapannya melalui bantuan modal ini, Maryam dapat mengembangkan usaha makanan yang ia jalani saat ini. Sehingga usaha yang terus berjalan tersebut, dapat menopang kebutuhan sehari-hari, sampai kebutuhan pengobatan suaminya. []