Lima Bulan Terakhir, Setengah Juta Warga Palestina Terbantu Aksi Kemanusiaan Dermawan

Selama 1 Mei hingga 22 September 2021, ratusan aksi kemanusiaan telah digencarkan untuk membantu warga Palestina. Hampir setengah juta jiwa warga, baik di Gaza maupun Tepi Barat terjangkau bantuan tersebut.

indonesia bantu palestina
Warga Palestina menerima bantuan kemanusiaan dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, PALESTINA – Dalam lima bulan terakhir, selama 1 Mei hingga 22 September 2021, hampir setengah juta warga Palestina menjadi penerima manfaat berbagai kebaikan Sahabat Dermawan. Distribusi air bersih dan paket pangan menjadi bantuan yang paling banyak didistribusikan 

Total, lebih dari 180 ribu warga Gaza mendapat bantuan air bersih. Baik itu melalui Sumur Wakaf, Humanity Water Tank, hingga distribusi Air Minum Wakaf. Sementara untuk bantuan logistik, secara kumulatif sudah menjangkau 101 ribu warga Gaza.

"Jumlah para penerima kami ikhtiarkan juga akan terus bertambah mengingat aksi kemanusiaan di Palestina akan terus berlanjut," ujar Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT, Rabu (22/9/2021)

Lebih lanjut, Said menuturkan bahwa bantuan untuk makanan siap saji juga telah diterima cukup banyak warga, baik distribusi melalui armada Humanity Food Truck maupun lewat Dapur Umum Indonesia yang ada di Gaza dan Tepi Barat. Total ada 83.906 warga yang telah merasakan makanan siap yang lezat dan bergizi buatan juru masak ACT tersebut.

"Untuk bantuan lainnya ada bantuan di sektor medis dan ambulans yang telah melakukan 68 aksi dan menjangkau 60.914 pasien. Sementara untuk pengoperasian lima klinik di Gaza, sudah memberikan perawatan dan obat gratis untuk 10 ribu pasien," pungkas Said.

Said menambahkan, program bantuan jangka panjang dari Global Wakaf-ACT juga banyak membantu. Seperti wakaf modal usaha untuk para petani, hingga pemberian gerobak motor wakaf sebagai modal warga Gaza merintis usaha.[]