Lima Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Diterjang Banjir

Hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (8/9/2021) sore membuat sungai di sekitar permukiman meluap.

banjir di Bolaang Mongondow
Ilustrasi. Tim Tanggap Darurat ACT-MRI tengah melakukan evakuasi warga di Perumnas Antang. (ACTNews)

ACTNews, BOLAANG MONGONDOWLima desa di Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, terendam banjir, Kamis (9/9/2021). Kelima desa itu adalah Desa Mataindo, Mataindo Utara, Torosik, Tobayagan Selatan, dan Tobayagan. 

Hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (8/9/2021) sore membuat sungai di sekitar permukiman meluap. "Dari pantauan BPBD dan relawan, semua sungai permukaan semua air sungai sudah naik dan masuk ke permukiman penduduk," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Daanan Mokodompit, Kamis. Banjir yang merendam permukiman memiliki tinggi air yang bervariasi, mulai setinggi lutut orang dewasa hingga pinggang.

Lima desa yang permukimannya terendam yaitu Desa Mataindo, Mataindo Utara, Torosik, Tobayagan Selatan, dan Tobayagan. Banjir yang merendam permukiman memiliki tinggi air yang bervariasi.

“Mulai setinggi lutut orang dewasa hingga pinggang,” katanya.

BPBD hingga saat ini juga belum bisa memastikan apakah semua kecamatan terdampak banjir atau tidak. Karena jalur transportasi roda dua dan roda empat tidak bisa melintas.

Untuk diketahui, cuaca ekstrem seperti ini masih akan berlanjut hingga seminggu ke depan. Warga juga dihimbau agar tetap siaga dengan tinggi muka air yang sewaktu-waktu bisa naik.[]