Lontarkan Lava Pijar, Hutan di Gunung Ile Lewotolok Terbakar

Gunung Ile Lewotolok di Lembata, NTT memuntahkan lava pijarnya pada Rabu (28/7/2021). Disertai dentuman keras, lava pijar ini menyebabkan kebakaran hutan lindung di sekitar puncak gunung.

gunung ile lewotolok
Gunung Ile Lewotolok mengeluarkan lava pijar yang menyebabkan hutan di puncaknya terbakar. (Dokumen Istimewa)

ACTNews, LEMBATA – Gunung Ile Lewotolok yang berada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur kembali memuntahkan lava pijarpada Rabu (28/7/2021). Lava panas tersebut menyebabkan kebakaran di hutan sekitar puncak gunung yang memiliki ketinggian 1.423 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Erupsi lava pijar di Gunung Ile Lewotolok juga dibarengi suara dentuman keras membuat khawatir warga sekitar. Gunung yang secara geografis, berada pada koordinat 08°16'15" LS dan 123°30'18" BT ini mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Rabu lalu.

Hutan yang terbakar, diketahui merupakan kawasan hutan lindung. Di mana hutan tersebut menjadi tempat bernaung aneka ragam flora dan fauna, serta berfungsi untuk untuk menahan laju erosi, longsor, banjir dan sebagainya.

Kepala PosPemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian mengatakan, kebakaran yang terjadi terus meluas dan mengancam desa-desa di sekitarnya. Di antaranya yaitu Desa Riangbao dan Desa Amakaka. []