LTW Blora: Merawat Ternak, Meluaskan Manfaat

Melalui Lumbung Ternak Wakaf (LTW), Global Wakaf tidak hanya merawat dan mempersiapkan ternak terbaik untuk Iduladha, namun juga memberdayakan peternak setempat.

LTW Blora: Merawat Ternak, Meluaskan Manfaat' photo

ACTNews, BLORA - Menyambut Iduladha 2019, para peternak di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) binaan Global Wakaf kembali mempersiapkan ternak-ternak terbaik. Hewan ternak tersebut telah mereka rawat satu tahun belakangan, persisnya usai Iduladha tahun lalu.

Salah satu LTW yang tengah bersiap untuk kedatangan Hari Raya Kurban tersebut adalah LTW yang terletak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Harun Susanto dari tim pengelola LTW Blora menyatakan, tahun ini jumlah ternak yang akan dikurbankan pada Iduladha mengalami peningkatan. 

"Pada tahun kemarin, kita telah mengurbankan sebanyak sekitar 4000-an ternak yang berasal dari Blora. Tahun ini insyaallah kita memiliki target untuk menyuplai sebanyak 5.104 ternak dari LTW Blora ini," kata Harun, Sabtu (13/7).

Kualitas daging yang dihasilkan para peternak di sini pun tidak kalah bila dibandingkan dengan kualitas dari peternak lainnya. Harun menjelaskan, ternak yang ada di LTW Blora bahkan dirawat dengan kasih sayang.

“Jadi kita ibaratkan hewan kurban kita itu menjadi ternak yang bahagia. Artinya dia dirawat dengan kasih sayang, diperlakukan seolah-olah itu adalah hewan peliharaan kesayangan. Misalnya, mereka dimandikan, diberi makan secara teratur, kandangnya juga ikut dibersihkan,” kata Harun.


Dengan perawatan tersebut, LTW Blora menargetkan berat kambing ketika keluar dari peternakan mereka pada Iduladha nanti berkisar antara 27 sampai 35 kilogram. Dengan kualitas yang baik ini, harga yang diberikan untuk setiap kambing pun dapat dikatakan bersaing karena pengelolaan yang terencana.

“Salah satu faktornya itu karena pakan yang kita pakai itu dari bahan-bahan yang orang anggap limbah, tapi untuk hewan ternak itu sebenarnya menghasilkan protein yang lebih dari cukup. Contohnya kulit kedelai yang dibuang orang, kemudian jerami dari hasil panen di sawah itu bisa kita maksimalkan,” kata Harun.


LTW Blora bersama Global Qurban tahun ini akan mendistribusikan daging-daging hasil ternak mereka ke empat provinsi yang ada di Pulau Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

LTW Blora sendiri tersebar luas di sebanyak 11 desa dan 3 kecamatan di Kabupaten Blora. Adapun jumlah peternak binaan Global Wakaf berjumlah 38 orang. Dengan kata lain, program ini telah memberdayakan total 181 masyarakat yang bekerja di seluruh kandang LTW. N. Imam Akbari selaku presiden Global Wakaf mengatakan, pemberdayaan masyarakat di sekitar LTW merupakan salah satu fungsi LTW.

“Jadi jauh lebih hebat, jauh lebih dahsyat dari sekadar berbagi sekerat daging. Ini justru bisa memutar perekonomian masyarakat, bisa membangkitkan kesejahteraan peternak, dan bisa menyejahterakan keluarga peternak yang luar biasa,” ujar Imam.

Sejalan dengan Imam, Harun juga berharap LTW dapat mengembangkan potensi ekonomi dan spiritual masyarakat dengan maksimal. “Mungkin setiap bulannya penghasilannya tidak menentu, kemudian kita berdayakan untuk menjadi peternak. Ini bentuk pemberdayaan pertama, pemberdayaan ekonomi. Yang kedua, para peternak ini kita bina secara spiritual. Jadi harapannya mereka juga berdaya secara spiritual. Misalnya, tadinya salatnya bolong-bolong bisa menjadi rajin salat,” jelas Harun. []

Bagikan

Terpopuler