LTW Tasikmalaya Siapkan 1.200 Kambing untuk Iduladha

Ribuan ternak tersebut siap dikurbankan melalui Global Qurban dan didistribusikan ke sejumlah wilayah yang membutuhkan di Tasikmalaya dan sekitarnya.

LTW Tasikmalaya Siapkan 1.200 Kambing untuk Iduladha' photo

ACTNews, TASIKMALAYA - Iduladha sebentar lagi tiba. Sukacita hari raya ini selalu disambut dengan semangat berderma antara sesama manusia. Tidak mau ketinggalan, Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Tasikmalaya telah mempersiapkan ternak-ternak terbaik untuk menambah kebahagiaan Iduladha tahun ini.

Setelah merawat ternak-ternak tersebut Iduladha satu tahun lalu, LTW yang terletak di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega tersebut siap kembali menyuplai setidaknya 1.200 ternak berupa kambing. Namun demikian, LTW akan terus mengusahakan agar jumlah kambing-kambing tersebut bertambah banyak pada Iduadha nanti. Hal ini disampaikan oleh Rosman, salah satu koordinator LTW Tasikmalaya.

“Yang memenuhi standar untuk dipotong saat ini sudah mencapai sekitar 1.200 ekor, dan sebenarnya kita itu punya jumlah target untuk dikurbankan, yakni 1.600 ekor. Jumlah ternak ini akan kita usahakan terus, sehingga nanti tiba waktunya Iduladha dapat tercapai sesuai dengan target kita,” kata Rosman, Selasa (30/7).

Standar yang dimaksudkan Rosman adalah berat ternak-ternak yang dagingnya akan disuplai untuk kebutuhan Global Qurban nantinya. Semua ternak yang ada di LTW tersebut ia targetkan memiliki berat di atas 27 kilogram.


“Ada target standar memang, berapa ekor yang sudah layak dipotong dan berapa ekor yang belum. Itu artinya kita mesti ukur dari bobot dan usia. Semua kita ratakan beratnya, secukup-cukupnya itu harus di atas 27 kilogram,” kata Rosman.

Meskipun masih mengejar sekitar 400 ekor lagi dari target, kambing-kambing LTW tahun ini sudah dipastikan lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pada Iduladha 2018 lalu, Rosman mengatakan ada 1.100 kambing yang dikurbankan. Sementara pada tahun ini sudah siap sekitar 1.200 ekor. Menurut dia ini tidak terlepas dari permintaan masyarakat untuk distribusi yang semakin banyak setiap tahunnya.

Berkaca dari tahun lalu juga, Rosman menargetkan kembali beberapa titik distribusi kurban di tujuh kecamatan di Tasikmalaya. Menurutnya, titik-titik ini memang sangat membutuhkan bantuan daging kurban. Selain itu juga, ada beberapa titik di luar Tasikmalaya yang ia targetkan akan mendapatkan distribusi daging dari LTW Tasikmalaya pada tanggal 10 Zulhijah nanti.

“Kalau tahun kemarin distribusi di Kabupaten Tasikmalaya sendiri itu ada beberapa titik di tujuh kecamatan. Jadi satu kecamatan itu tidak semua, kita bagi beberapa titik. Kabupaten lain juga begitu. Tahun kemarin itu ada beberapa titik di Kabupaten Garut, Ciamis, Pangandaran, dan Kabupaten Tasikmalaya, yang menurut kita membutuhkan bantuan berupa daging kurban ini,” kata Rosman. [] 

Bagikan