Luasnya Manfaat Program Operasi Makan Gratis bagi Masyarakat Terdampak Pandemi

Operasi Makan Gratis berdayakan warung makan skala kecil terdampak pandemi Covid-19. Lalu makanan yang disiapkan didistribusikan kepada warga secara cuma-cuma. Sehingga secara manfaat, OMG sangat luas, baik secara ekonomi maupun sosial.

operasi makan gratis
Operasi Makan Gratis sasar tukang bajaj di kawasan Tebet Barat. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Pandemi Covid-19 dan pemberlakukan kebijakan PPKM membuat pelaku usaha warung makan, UMKM, dan pekerja informal terpukul. Omzet mereka menurun dan tak jarang mengalami kerugian. Untuk membantu meringankan beban mereka, program Operasi Makan Gratis (OMG) digelar, Jum’at (23/7/2021).  

Tim program ACT Emirad Jihad Fisabilillah mengatakan, program OMG selain membantu warga prasejahtera terdampak pandemi, juga merupakan langkah penyelamatan warung makan kecil seperti warteg agar bertahan beroperasi. Di mana saat ini banyak warung makan gulung tikar akibat pandemi Covid-19. 

“Kita tahu selama pandemi ditambah adanya PPKM banyak warung makan kecil gulung tikar. Perkantoran ditutup, mahasiswa enggak ada, yang beli makan ke warteg ini juga enggak ada. Sedangkan kalau sudah masak harus habis, kalau enggak habis basi,” kata pria yang akrab dipanggill Dede ini, Jum’at (23/7/2021). 

Dede melanjutkan, dalam program OMG, ACT akan bekerjasama dengan warteg-warteg di Jabodetabek untuk menyiapkan makanan siap santap. Selanjutnya makanan yang sudah dibeli dibagikan kepada warga pra sejahtera, tukang ojek daring, pelaku usaha kecil keliling terdampak pandemi Covid-19. 

“Setiap hari ratusan boks makanan siap santap yang dimasak oleh puluhan pemilik rumah makan yang terdampak pandemi Covid-19 akan dibagikan secara cuma-cuma kepada warga prasejahtera. Jadi manfaat program ini dirasakan banyak orang di setiap harinya,” ujarnya. 

Pemilik warteg Mustika Rasa di Tebet Barat, Putri Dewi Kartika mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ACT memilih wartegnya untuk menyiapkan makanan siap santap bagi warga prasejahtera terdampak pandemi. Ini merupakan kali pertama Dewi menyiapkan makanan untuk program OMG ACT. 

“Terima kasih ACT. Program ini sangat membantu usaha kami yang sedang kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan PPKM. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut di tempat-tempat lain sehingga dapat membantu lebih banyak orang,” katanya. []