Lumbung Beras Wakaf Pasok Pangan untuk Masyarakat dan Santri di Blora

Melalui Lumbung Beras Wakaf (LBW), Global Wakaf - ACT mendistribusikan beras kepada 600 lebih kepala keluarga dan ratusan santri di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Pendistribusian ini menyasar masyarakat prasejahtera yang membutuhkan bantuan pangan.

Lumbung Beras Wakaf Pasok Pangan untuk Masyarakat dan Santri di Blora' photo
Salah satu warga yang mendapatkan Beras Wakaf. (ACTNews)

ACTNews, BLORA – Lumbung Beras Wakaf (LBW) binaan Global Wakaf – ACT di Kabupaten Blora, kembali mendistribusikan hasil produksinya kepada masyarakat sekitar. Distribusi beras pada Kamis (9/7) lalu itu, menyasar ratusan kepala keluarga di sekitar Desa Jipang, Kecamatan Cepu, tempat di mana LBW berdiri.

Sebagian besar warga adalah keluarga prasejahtera yang bekerja sebagai buruh tani, kuli bangunan, pemulung, dan pedagang kecil. Selain itu, ada beberapa ibu tunggal yang memiliki anak yang masih kecil,” ujar Ngadi selaku Penanggung Jawab LBW.


Tercatat sebanyak 630 kepala keluarga menjadi penerima manfaat beras wakaf dari LBW. Mayoritas dari mereka terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya Mbah Nyani yang beurumur 65 tahun. Ngadi bercerita, nenek yang bekerja sebagai buruh tani ini berkurang pendapatannya.

“Aktivitasnya juga tidak bisa berjalan seperti biasanya. Ia memiliki 2 anak yang bekerja di luar kota. Karena adanya pandemi Covid-19 ini, anaknya tidak bisa menjenguk beliau. Beruntung untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, beliau mendapat kiriman uang dari anaknya,” kisah Ngadi.

Selain itu, kegiatan pembagian beras gratis juga dilaksakan di Pondok Pesantren Al-Banat yang berada di Desa Balun, Kecamatan Cepu. Al-Banat adalah pondok yang didirikan secara gratis untuk santri-santri yang berprestasi.


Serah terima Beras Wakaf kepada para santri Pondok Pesantren Al-Banat. (ACTNews)

“Kita distribusikan beras juga kepada ratusan santri yang ada di Pondok Pesantren Al-Banat karena Pondok Pesantren Al-Banat sendiri masih membutuhkan bahan pangan untuk santri-santrinya. Kita harapkan dengan kehadiran bantuan dari LBW ini bisa menambah semangat mereka dalam menimba ilmu,” kata Ngadi.

Sebanyak 3 ton lebih beras didistribusikan oleh LBW pada hari itu. Rencananya beras-beras yang telah diproduksi oleh LBW Desa Jipang juga akan disalurkan juga kepada ACT Jawa Timur.

“Sesuai dengan rencana kita, beras akan kita distribusikan kepada ACT Jawa Timur untuk membantu program-program kemanusiaan di sana. Sampai saat ini kita masih dalam proses untuk pengiriman beras ke sana. Semoga dapat segera kita kirimkan ke sana untuk masyarakat yang membutuhkan,” harap Ngadi.

LBW dapat terus beroperasi juga berkat dukungan para dermawan. Oleh sebabnya, Ngadi juga mengajak masyarakat untuk terus menyalurkan wakafnya demi perkembangan LBW. “Jadi kami harap ini akan terus berkelanjutan, dari masyarakat untuk masyarakat. Sehingga makin banyak juga masyarakat yang terberdayakan serta terbantu dengan kehadiran LBW,” ucap Ngadi. []


Bagikan