Lumbung Sedekah Pangan Bahagiakan Masyarakat Prasejahtera di Yogyakarta

Hadirnya Lumbung Sedekah Pangan membawa kebahagiaan tersendiri bagi warga prasejahtera di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Salah satunya Boimin yang merupakan petugas kebersihan di sekitar Jl. Miliran, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Lumbung Sedekah Pangan Bahagiakan Masyarakat Prasejahtera di Yogyakarta' photo
Boimin sedang mengambil kebutuhannya di Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA – Gurat senyum bahagia tak bisa disembunyikan Boimin, meski wajahnya tertutup oleh masker yang ia kenakan. Sebelum berlalu, tak lupa ia sampaikan rasa terima kasih kepada tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sedang bertugas di Lumbung Sedekah Pangan, Jl. Miliran, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada Selasa (27/10).

Boimin yang sehari-hari berprofesi sebagai petugas kebersihan di lingkungan warga Jl. Miliran, tak ketinggalan memanfaatkan amanah dermawan ini. Ia bercerita, bahwa penghasilannya selama pandemi sangat tak menentu. Sementara kapasitas sampah rumah tangga terus bertambah.

“Daripada tidak punya pekerjaan, Mas,” ujarnya pada salah satu relawan yang berjaga di rak Lumbung Sedekah Pangan.


Bahagia Boimin bersama sembako dari Lumbung Sedekah Pangan di tangannya. (ACTNews)

Dari pekerjaannya mengangkut sampah ini, rata-rata penghasilan Boimin antara Rp300 ribu - Rp500 ribu per bulan. Berkat bantuan dari Lumbung Sedekah Pangan, ia bisa menghemat pengeluarannya hari itu dan bisa menabung untuk keperluan lainnya. Selain Boimin, sedikitnya 50 keluarga di Kampung Miliran mendapat manfaat dengan adanya gerakan pangan gratis ini.

“Lumbung Sedekah Pangan yang dijalankan oleh ACT Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta ini memanfaatkan markas MRI setempat. Warga sekitar yang kesulitan memenuhi bahan pangannya, dapat mengantre untuk mendapatkan bantuan kebutuhan pokok dari Lumbung Sedekah Pangan ini,” ungkap Kharis Pradana selaku Koordinator Lumbung Sedekah Pangan DI Yogyakarta.


Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan merupakan perwujudan kepedulian kepada masyarakat terdampak pandemi yang di inisiasi oleh ACT. “Tujuan dari gerakan ini adalah untuk membangkitkan kedermawanan masyarakat. Masyarakat yang memiliki rezeki berlebih, dapat memberikan bantuan pangan kepada masyarakat prasejahtera melalui Lumbung Sedekah Pangan,” ujar Kharis.

Sampai sekarang ada 2 titik Lumbung Sedekah Pangan yang telah diinisiasi oleh ACT DI Yogyakarta. Kharis mengajak para dermawan untuk turut memperbanyak rak-rak Lumbung Sedekah Pangan ini. “Harapan kami Lumbung Sedekah Pangan ini bisa membangkitkan kedermawanan dan kebersamaan masyarakat untuk saling memberi di masa-masa sulit ini. Karenanya kami mengajak para dermawan untuk memberikan sedekah terbaiknya melalui  laman Indonesia Dermawan atau transfer langsung ke BNI Syariah di nomor 341 854 750 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” ajak Kharis. []

Bagikan

Terpopuler