Lumbung Sedekah Pangan di Jakarta Terus Bertambah

Ikhtiar memfasilitas aksi kebaikan lewat Lumbung Sedekah Pangan untuk pemenuhan pangan oleh warga untuk warga terus ACT luaskan. Sabtu (19/9) kemarin, Lumbung Sedekah Pangan kembali hadir di Jakarta, tepatnya di Masjid Al Barkah, Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Foto bersama tim ACT dengan DKM Masjid Al Barkah, Pondok Ranggon, Jaktim setelah peresmian Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Keberadaan Lumbung Sedekah Pangan terus menjamur di Ibu Kota Jakarta. Setelah sebelumnya dihadirkan di Masjid Fatahillah, Blok B Pasar Tanah Abang, kali ini rak serupa hadir di Masjid Al Barkah, Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Lumbung pangan yang berbasis di masjid ini hadir, selain sebagai medium masyarakat untuk saling berbagi, juga memperkuat peran masjid di tengah pandemi Covid-19 sebagai lumbung pangan.

Sabtu (19/9), Lumbung Sedekah Pangan ini dihadirkan. Isinya yang berupa kebutuhan pokok harian pun diisi. Beras, minyak goreng serta keperluan lainnya bisa diambil secukupnya oleh masyarakat prasejahtera secara gratis. Semua orang pun bisa mengisinya juga sebagai bentuk kepedulian sesama di tengah pandemi.

Wawa, Wakil Camat Cipayung, yang hadir saat peluncuran rak sedekah pangan di Masjid Al Barkah mengatakan, hadirnya Lumbung Sedekah Pangan sangat baik dan diharapkan mampu menjadi penyemangat warga dan jemaah masjid untuk ikut membantu sesama.

“Harapannya ke depan akan lebih baik lagi, warga Pondok Ranggon bisa memenuhi rak sedekah dengan berbagai kebutuhan pangan. Kami pun (dari perwakilan kecamatan) mengimbau untuk seluruh masyarakat agar terus meningkatkan keimanan serta sedekah terbaik,” ungkap Wawa.

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan sendiri merupakan gerakan yang ACT insiasi sebagai langkah terbaik untuk menghadirkan pangan dari warga untuk warga. Sebagai gerakan, sejumlah Lumbung Sedekah Pangan yang tersedia di berbagai titik bisa diisi secara mandiri oleh warga sekitar. Namun, tidak menutup peluang juga yang ingin bersedekah dalam bentuk uang melalui ACT. Nantinya, dana tersebut akan ACT konversi ke dalam bentuk kebutuhan pangan yang akan diletakkan di Lumbung Sedekah Pangan.

Kepala Cabang ACT Jakarta Timur Nurhijrah Muhammad mengatakan, bagi dermawan yang ingin bersedekah untuk Lumbung Sedekah Pangan bisa melalui rekening BNI Syariah 99 0000 647 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Sedekah dermawan ini lah yang menjadi pendukung utama dalam aksi kebaikan ini. “Peran dermawan sangat besar dalam aksi-aksi besar yang ACT lakukan, salah satunya menghadirkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan,” ujar Nurhijrah.[]