Lumbung Sedekah Pangan Gelorakan Semangat Bersedekah

Nyaris setengah tahun pandemi Covid-19 melumpuhkan berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Pengaruhnya, bisa hingga ke urusan pangan. Untuk itu, ACT sebagai inisiator Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan terus menggelorakan semangat masyarakat untuk bisa terlibat dalam aksi kebaikan ini.

Salah satu penerima manfaat pangan (kanan) dari Lumbung Sedekah Pangan di Kantor ACT Jatim. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA – Di Jawa Timur, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat prasejahtera yang sulit memenuhi kebutuhan pangan. Kondisi ekonomi yang sedang tidak baik akibat pandemi Covid-19 menjadikan sejumlah titik Lumbung Sedekah Pangan di Jawa Timur selalu penuh oleh bahan pangan yang diisi oleh masyarakat dan diambil secara gratis oleh masyarakat pula. Masyarakat yang mampu bisa mengisi Lumbung Sedekah Pangan, sedangkan mereka yang mengalami kesulitan pangan bisa mengambil secukupnya.

Mengajak masyarakat lebih banyak lagi untuk bisa terlibat dalam gerakan nasional ini lah yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur bersama mahasiswa Unair serta Masyarakat Relawan Indonesia pada Kamis (23/8). Diisi oleh penampilan musik dari Komunitas Musik Unair, aksi untuk mengajak masyarakat untuk peduli ini pun diramaikan dengan penjualan pakaian serta penggalangan dana untuk korban erupsi Sinabung.

Mashudi dari Tim Program ACT Jatim mengatakan, gelora saling membantu selalu ACT Jatim gaungkan. Apalagi dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, di saat kekurangan pangan menjadi ancaman nyata. “Kunci untuk menyelesaikan masalah pangan ialah dengan saling membantu,” ungkap Mashudi.

Saat ini sudah terdapat beberapa titik Lumbung Sedekah Pangan di Surabaya. Namun, jumlah ini masih perlu diperluas di berbagai titik agar semakin banyak orang yang terbantu dan membantu. Untuk itu, Kamis kemarin ACT menggelar penampilan musik serta kegiatan lainnya di depan Kantor Cabang ACT Jatim sebagai sarana mengajak masyarakat untuk lebih peduli.

“Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini terbuka untuk siapa pun yang ingin membantu atau mengambil pangan yang disedekahkan. Karena gerakan ini tak terbatas suku, agama serta daerah. Bagi masyarakat yang ingin membantu dalam bentuk tunai, bisa disalurkan melalui BNI Syariah 6600000153 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” tambah Mashudi.[]