Lumbung Sedekah Pangan Topang Kebutuhan Warga Prasejahtera di Purwokerto

ACT Purwokerto meluncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan pada Rabu (12/8) lalu. Gerakan ini diharapkan dapat mengajak banyak masyarakat untuk saling membantu saudara yang terdampak pandemi melalui sedekah pangan.

Warga mengantre dengan tertib dan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mengambil bahan makanan di Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Afif)

ACTNews, PURWOKERTO – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwokerto menginisiasi Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan untuk membantu warga prasejahtera yang masih merasakan dampak Covid-19. Di Lumbung Sedekah Pangan, warga yang memiliki kecukupan pangan dapat mengisi rak yang tersedia dengan berbagai bahan pangan seperti beras, gula, minyak goreng, dan sayuran.

Kepala Cabang ACT Purwokerto Andi Rahmanto mengatakan, gerakan ini merupakan wujud aksi nyata yang melibatkan semua elemen masyarakat untuk menyediakan sedekah bagi masyarakat yang membutuhkan. “Walaupun saat ini sudah memasuki era new normal, ekonomi masyarakat belum pulih. Sehingga, kita sesama manusia perlu saling membantu” ujarnya pada Rabu (12/8) lalu.

Banyaknya masyarakat yang kehilangan penghasilannya saat pandemi menjadi salah satu alasan ikhtiar dijalankan. Nantinya, Lumbung Sedekah Pangan akan tersedia di tempat-tempat publik yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Lumbung Sedekah Pangan ini akan disediakan di masjid-masjid, sekolah, perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lainnya di Karesidenan Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen (Barlingmascakeb),” lanjut Andi.


Warga yang antusias bisa menerima manfaat dari program Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Afif)

Sutarman, anggota TNI dari KODIM 0704 Banjarnegara yang turut hadir pada peresmian gerakan tersebut, juga mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh lembaga kemanusiaan tersebut. Ia menilai ACT sudah banyak berinovasi dengan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat juga menggerakkan rasa kepedulian bersama untuk bangsa dan negara.

“Ini merupakan program yang baik, setelah kemarin bersinergi dengan program kurban. Insyaallah kami juga akan mendukung program Lumbung Sedekah Pangan ini, dan program-program lain untuk bangsa dan negara,” ujar Sutarman.


Yuli, warga kelurahan Kranji, Purwokerto Timur yang hadir sebagai penerima manfaat juga merasa sangat terbantu dan mendukung berkelanjutanya program tersebut. “Alhamdulillah, warga menyabut program ini dengan baik terutama di kelurahan Kranji ini banyak juga yang pekerjaanya itu usaha kecil-kecilan, mereka sangat terdampak. Semoga program ini bisa berjalan lancar baik di Banyumas Raya dan seluruh Indonesia, sampai wabah Covid 19 ini benar-benar berakhir,” ujarnya.

Melalui adanya ikhtiar ini, Andi berharap masyarakat mendukung Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, terutama warga di sekitar Karesidenan Barlingmascakeb. “Dengan dukungan para dermawan, semoga gerakan ini semakin meluas serta semakin banyak yang merasakan manfaat dari hadirnya Lumbung Sedekah Pangan, “ harapnya. []