Lumbung Ternak Wakaf Maksimalkan Potensi Peternakan di Desa Papagarang

Warga di Desa Papagarang, Kecamatan Komodo, cukup banyak yang bekerja sebagai peternak. Tetapi banyak peternak yang melepasliarkan begitu saja hewannya sehingga tidak terawat dengan baik.

wakaf ternak act
Lumbung Ternak Wakaf di Desa Papagarang yang selesai dibangun pada Ahad (6/2021) kemarin.

ACTNews, MANGGARAI BARAT – Pembangunan Lumbung Ternak Wakaf dari Global Wakaf-ACT di Desa Papagarang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, akhirnya rampung. Pembangunan kandang ternak amanah dari PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) ini, selesai pembangunan sejak Ahad (6/6/2021) lalu.

Basyir, Kepala Desa Papagarang, menceritakan, sebagian besar warga desanya bekerja sebagai nelayan, sementara sebagian lagi memiliki ternak. Namun, banyak warga yang bekerja sebagai peternak, tidak terlalu merawat hewan-hewannya. Mereka melepasliarkannya di padang rumput.

"Kalau warga yang beternak memang banyak, cuma warga di sini belum terlalu didik. Sehingga dilepas begitu saja. Mereka tidak menganggap beternak ini sebagai pekerjaan," cerita Basyir.

Di desa dengan penduduk sekitar 1.520 jiwa itu, satu peternak bisa memiliki sampai lima kambing. Karenanya Global Wakaf-ACT membangun lumbung ternak dengan kapasitas breeding sebanyak 386 ekor kambing, dan penggemukan sebanyak 180 ekor. Dengan hadirnya Lumbung Ternak Wakaf dari PT TASPEN dan Global Wakaf-ACT ini, Basyir berharap, ternak yang dibiarkan berkeliaran bisa lebih terawat dan dimaksimalkan dengan baik.

"Dan semoga kegiatan-kegiatan yang berguna untuk masyarakat ini dapat bertahan dalam jangka panjang. Selaku pemerintah desa, kami juga berharap mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang banyak hal-hal bermanfaat lagi yang bisa kita kolaborasikan dan dibangun di Desa Papagarang," harap Basyir.

Saat ini, Lumbung Ternak Wakaf terus meluaskan kebaikan ke sejumlah daerah. Ribuan hewan ternak dikelola dengan perawatan yang maksimal untuk memberikan daging ternak terbaik kepada masyarakat. Hal lain yang ingin dicapai ialah pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat di bidang peternakan. Selain itu, menyediakan hewan kurban berkualitas yang turut berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan nasional juga tengah dicapai.[]