Lupakan Kekeringan Sesaat, Warga Cisugih Nikmati Kurban

Global Qurban-ACT Tasikmalaya bekerja sama dengan Kodim 0612 Tasikmalaya menyembelih 24 ekor kambing untuk didistribusikan ke masyarakat setempat yang kurang mampu.

Lupakan Kekeringan Sesaat, Warga Cisugih Nikmati Kurban' photo

ACTNews, TASIKMALAYA - Sukacita dan riuhnya kebersamaan terlihat di Kampung Cisugih, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, sejak Selasa (13/8) malam. Dapur umum yang dibuat dadakan menjadi tempat berkumpul warga dan anggota TNI yang sedang memasak sajian daging kurban.

Kampung Cisugih merupakan daerah yang paling parah terdampak kekeringan. Sudah enam bulan terakhir air bersih sulit ditemukan. Warga pun menjadi sulit dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Selain terdampak kekeringan paling parah, daerah ini juga memiliki warga dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Di momen Iduladha ini, hanya dua ekor kambing yang disembelih dan dibagi-bagikan ke 220 keluarga.

Global Qurban-ACT Tasikmalaya bekerja sama dengan Kodim 0612 Tasikmalaya menyembelih 24 ekor kambing untuk didistribusikan ke masyarakat setempat yang kurang mampu. Sebagian daging kurban juga dimasak dan dinikmati bersama dalam acara Syukuran Qurban bersama pada Rabu (13/8). 

Syukuran Qurban dihadiri oleh perwakilan Wali Kota Tasikmalaya, Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Kasdim 0612, Danbrigif, Kapolresta, Danramil, Bank Syariah Mandiri (BSM) Tasikmalaya, Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Tasikmalaya, Muspika, mitra komunitas dan 700 orang warga sekitar.

Kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar tanpa bantuan dari warga setempat seperti halnya yang diungkapkan Fauzi dari tim Global Qurban-ACT Tasikmalaya. “Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerja sama dari bapak dan ibu semua. Kami bisa menyampaikan amanah kurban dari para dermawan kepada penerima manfaat yang seharusnya, sehingga acara Syukuran Qurban berjalan dengan lancar,” ungkap Fauzi.

Apresiasi pun datang dari PLH Sekda Kota Tasikmalaya yang mewakili Wali Kota Tasikmalaya, Asep Goparullah. Menurut Asep, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga kota Tasikmalaya, khususnya warga Kampung Cisugih yang berada dibawah garis kemiskinan. “Tentunya ke depan mari kita berkolaborasi kembali untuk kegiatan-kegiatan amal lainnya yang dapat membantu dan membahagiakan masyarakat,” harap Asep. 

Setelah makan bersama dan pembagian hewan kurban dilakukan, ACT Tasikmalaya mendistribusikan 5000 liter air bersih untuk warga setempat. Amanah kurban tersampaikan, begitu juga dengan bantuan air bersih. []  

Bagikan