Mahyuni Siap Sambut Hunian Baru di Ramadan Nanti

Menjelang Ramadan, ACT memulai pembangunan Family Shelter di Hulu Sungai Tengah. Hunian nyaman untuk keluarga ini akan siap menghangatkan suasana Ramadan para penyintas banjir Kalimantan Selatan.

Mahyudi (kanan) saat menerima bantuan paket pangan di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan Family Shelter di Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (ACTNews)

ACTNews HULU SUNGAI TENGAH Kebahagiaan terpancar dari wajah Mahyuni. Pria 42 tahun ini bersyukur menjadi salah satu warga terdampak banjir Kalimantan Selatan yang mendapat hunian baru, Family Shelter, dari Aksi Cepat Tanggap. Mahyuini merupakan merupakan warga Desa Bulayak, Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah. Januari silam ia menjadi korban banjir yang juga merusak tempat tinggalnya.

Ayah dua anak ini merupakan seorang guru. Dengan penghasilan Rp350 ribu per bulan, Mahyuni telah mengabdi di tempat pendidikan Al-Qur’an selama 20 tahun. Pascabanjir, Mahyuni yang juga bekerja sebagai penyadap karet ini, praktis tak bisa beraktivitas normal.

“Setelah banjir, saya tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Artinya, di mana kita bertempat tinggal (mengungsi), kita hanya bisa diam. Seolah-olah pikiran ini tidak bisa berpikir lagi saat melihat kondisi rumah, terutama untuk membenahinya,” tutur Mahyuni saat ditemui ACTNews, Kamis (1/4/2021) sore.

Dengan kondisi rumah yang rusak, Mahyuni pun memutuskan untuk mengungsi ke rumah orang tua bersama sang istri dan kedua anaknya. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada keluarga pascabanjir. Alih-alih setelah melewati masa kelam saat bencana banjir, kebahagiaan pun datang kepada Mahyuni. Ia dan keluarga menjadi salah satu penerima Family Shelter yang tengah ACT bangun di Hulu Sungai Tengah.

“Harapan saya, yang mendapatkan kebahagiaan ini bisa banyak orang, karena di Kalsel banyak warga yang menantikan uluran tangan kita, khususnya hunian. Apalagi hunian nyaman untuk keluarga ini sangat layak huni,” ungkapnya.

Di Hulu Sungai Tengah, ACT tengah membangun Family Shelter di tiga desa. Hunian nyaman keluarga ini bakal diberikan ke warga terdampak banjir besar. Peresmian dimulainya pembangunan dilaksanakan beberapa hari lalu. Harapannya, hunian ini bakal selesai ketika Ramadan dan saat Idulfitri nanti warga bisa menikmati hari raya di rumah sendiri yang telah ACT bangun kembali.[]