Mak Ani Setia Pertahankan Dagangan Meski Pandemi Jadi Hambatan

Semenjak pandemi, pendapatan warung Nuraini Talip (53) alias Mak Ani turut menurun. Bahkan sisa dagangan terkadang ia bagikan kepada anak yatim atau tetangga.

bantuan modal pontianak
Pelanggan di warung makanan dan minuman Mak Ani mayoritas merupakan siswa sekolah. (ACTNews)

ACTNews, KOTA PONTIANAK – Sebuah warung di Jalan Husein Hamzah, Kelurahan Pal Lima, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak. Nuraini Talip (53) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mak Ani oleh warga setempat, setia menjaga warung yang menjual makanan dan minuman tersebut. Meskipun ia mengakui, bahwa kini warung miliknya cenderung lebih sepi.

“Sejak pandemi dan anak sekolah tidak ada, warung kami lebih sering sepi. Kalau sepi, Ibu lebih memilih untuk membaca Al-Qur'an untuk mengisi waktu. (Seperti) hari ini, dari pagi tadi baru ada satu orang yang beli mi rebus,” kata Mak Ani ketika ditemui pada Rabu (17/11/2021) lalu.

Dua puluh tahun sudah Mak Ani menjalani usaha ini. Dalam satu hari, ia bisa mendapatkan penghasilan kotor di bawah Rp100 ribu. Tetapi semenjak pandemi, jumlah tersebut turun jauh. Bahkan terkadang, dagangan Mak Ani tidak sampai habis. “Terkadang kalau dagangan kami tidak habis kami sedekahkan untuk anak yatim atau tetangga,” terang Mak Ani.


Walau jalan yang dilalui Mak Ani saat ini sulit, tetapi hal tersebut terus ia hadapi. Sebab dari usaha ini, ia bisa menambah penghasilan keluarga saat ini. “Anak saya ada tiga, dua orang sudah berkeluarga, satu masih mondok di pesantren (bebas biaya) dan semuanya masih tinggal bersama saya di rumah ini," ungkap Mak Ani.

Global Wakaf-ACT membantu mendorong perjuangan Mak Ani saat ini lewat program Wakaf UMKM. Diharapkan melalui bantuan modal usaha serta pendampingan ini, usaha Mak Ani dapat terus berkembang ke depannya.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini semoga dagangan kami laris, warungnya lebih layak. Ibu kepingen punya etalase dan modalnya bisa digunakan untuk menambah bahan dagangan kami. Ibu banyak terima kasih kepada para donatur yang sudah membantu kami menambah modal usaha kami," ujar Mak Ani. []