Makanan Sehat dan Perlengkapan Ibadah Tunjang Kehidupan Rohingya di Aceh

Bantuan untuk pengungsi Rohingya yang dievakuasi di Lhokseumawe, Aceh terus didistribusikan. Kali ini, 120 paket gizi dan perlengkapan ibadah dibagikan untuk para pengungsi.

bantuan untuk rohingya
Pengungsi Rohingya anak-anak di Lhokseumawe, Aceh, menerima perlengkapan ibadah dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, LHOKSEUMAWE – Bantuan dari Sahabat Dermawan untuk pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Aceh, terus mengalir. Melalui tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe, bantuan paket gizi dan perlengkapan ibadah didistribusikan untuk 120 pengungsi yang saat ini bermukim di balai penampungan di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Muhammad Alfian dari tim ACT Lhokseumawe menjelaskan, paket gizi adalah makanan sehat yang berisi buah-buahan. "Bantuan ini diharapkan membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi para pengungsi," ujar Alfian, Sabtu (15/1/2022).

Bersamaan dengan aksi pembagian paket gizi, tim ACT juga memberikan perlengkapan ibadah untuk seluruh pengungsi. Perlengkapan tersebut berisi baju koko, peci, serta sarung untuk pria, dan mukena untuk wanita.

Baca juga: 547 Warga Palestina Dipenjara Seumur Hidup oleh Israel

"Para pengungsi sebelumnya tidak memiliki perlengkapan ibadah. Di perahu mereka yang sempit, mereka hanya membawa badan dan pakaian yang mereka kenakan saat itu," kata Alfian.

Distribusi bantuan ini pun bukan yang pertama. Pada 6 Januari lalu, bantuan pangan sebagai bentuk respons cepat dilakukan tim ACT Lhokseumawe kepada pengungsi Rohingya yang baru dievakuasi.

Sebelumnya, sebuah kapal berisi 120 pengungsi Rohingnya (51 anak-anak, 9 pria dewasa, dan 60 wanita) dievakuasi TNI AL dan masyarakat Aceh di Pelabuhan Krueng Geuueh, Lhokseumawe, Jumat (31/12/21) dini hari. Saat itu, kondisi pengungsi amat memprihatinkan, kekurangan makanan dan sakit. Bahkan, sejumlah pengungsi dilaporkan telah meninggal dunia saat pwrahu masih terkatung-katung di laut. []