Malnutrisi dan Kelainan Tulang Belakang Perpuruk Kondisi Hafidz

Malnutrisi dan Kelainan Tulang Belakang Perpuruk Kondisi Hafidz

Malnutrisi dan Kelainan Tulang Belakang Perpuruk Kondisi Hafidz' photo

ACTNews, LOMBOK UTARA - Tubuh bocah itu kurus. Tulang belulangnya terlihat jelas,  seakan hanya dibalut kulit saja. Usianya saat ini menginjak 7 tahun, tapi beratnya hanya 6 kilogram. Berat itu jauh dari berat ideal anak seusianya yang mencapai 23 kg.

Hafidz Maulana namanya. Anak laki-laki yang tinggal bersama orang tuanya di Dusun Karang Petak, Desa Pemenang Timur, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu mengidap malnutrisi. Sejak usia 5 tahun, Hafidz sangat bergantung pada pertolongan orang tuanya, bahkan hanya untuk bergerak. Selain malnutrisi, ia divonis memiliki kelainan tulang belakang.

Pemeriksaan awal, Hafidz dinyatakan malnutrisi. Akan tetapi setelah mendapat rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah KLU, ia disarankan untuk melakukan rontgen. Hasilnya, banyak tulang Hafidz yang patah. “Saat itu dokter memberikan suplemen untuk memperkuat tulang,” jelas Mia Dzahara dari Tim Mobile Social Rescue-Aksi Cepat Tanggap (MSR-ACT), Selasa (11/12).

Keadaan ekonomi keluarga Hafidz yang masih pra-sejahtera menjadi kendala penyembuhan Hafidz. Ayahnya, Sayuti, bekerja hanya sebagai penjaja parfum keliling. Sedangkan ibunya, Dewi Sartika, hanya berdagang makanan kecil. Terlebih gempa yang mengguncang Lombok awal Agustus silam memberhentikan perekonomian mayoritas warga Lombok, tak terkecuali orang tua Hafidz.

Saat ini, tim MSR-ACT masih melakukan pendampingan medis terhadap Hafidz. Untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik atas kelainan tulang yang dialami Hafidz, tim MSR-ACT melakukan pendampingan sampai ke Rumah Sakit Provinsi di Mataram. “Di Mataram hasilnya ternyata tulang Hafidz masih tulang rawan,” ungkap Mia.

Tak hanya pendampingan, MSR-ACT juga memberikan paket pangan bergizi. Susu, biskuit, beras sampai popok dibawa setiap melakukan kontrol ke kediaman Hafidz. Selain itu, kursi roda baru juga diberikan kepada Hafidz untuk menggantikan kursi roda lamanya yang telah mulai rusak. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan