Maluku Ikut Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

Setelah hadir di berbagai daerah, kali ini, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan hadir di Ambon, Maluku. Masyarakat luas bisa berpartisipasi untuk saling membantu sesama di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda.

Salah satu penerima manfaat Lumbung Sedekah Pangan di Maluku mengambil kebutuhan pangan secukupnya. Bertepatan dengan tahun baru Islam, ACT Maluku mengajak warga untuk berpartisipasi dalam Gerakan Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluas ke berbagai penjuru Nusantara. Gerakan yang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan pangan di tengah pandemi ini bakal melibatkan masyarakat umum sebagai pemenuh pangan bagi mereka yang membutuhkan. Dengan Lumbung Sedekah Pangan sebagai medium, mereka yang membutuhkan dapat mengambil bantuan pangan yang mereka perlukan.

Seperti sejumlah provinsi lainnya, Maluku kini juga ikut dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, yang diluncurkan bertepatan dengan tahun baru Islam 1442 Hijriah, Kamis (20/8). Acara yang diinisiasi oleh ACT Maluku ini dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kementerian Agama Provinsi Maluku, Kapolda Maluku, mitra kerja ACT Maluku, dermawan, serta penerima manfaat.

Lutfi Rumbia, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku memberikan apresiasi yang tinggi kepada ACT yang telah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah mendukung adanya gerakan tersebut dan berharap melalui gerakan ini semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap sesama serta terbantu urusan pangannya.

“Saya berharap Lumbung Sedekah Pangan ini makin dapat membatu dan banyak orang berpartisispasi. Masyarakat Maluku pun bisa saling membantu satu sama lainnya di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Lutfi seusai acara peluncuran Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Maluku.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu menjelaskan, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan diinisiasi dalam rangka menangani dampak pandemi Covid-19 yang meluas, termasuk di sektor ekonomi dan pangan. “Gerakan ini merupakan suatu langkah untuk membantu masyarakat, Maluku khususnya, untuk terlepas dari permasalahan pangan akibat pandemi. Masyarakat umum pun bisa ikut membantu dengan mengirimkan sedekahnya melalui BNI Syariah 8800004451 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” ajak Wahab.